Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi 2023 Sudah Dibuka, Simak Jadwal dan Persyaratannya!

Pendis
Hery Irawan Kontributor
Senin, 3 Juli 2023 13:25 WIB
Pendis

Ilustrasi

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama RI secara resmi membuka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2023 mulai hari ini (03/07/2023). Periode pendaftaran akan berlangsung selama sepuluh hari sampai tanggal 13 Juli 2023.

"Alhamdulillah, sebagaimana direncanakan mulai hari ini 3 Juli 2023 pendaftaran PBSB secara online telah kami buka. Kami undang para santri untuk mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan,” terang Direktur PD Pontren Kemenag, Waryono Abdul Ghofur, Senin (03/7).

Dikatakan Waryono, banyak peluang bagi santri untuk mendapatkan beasiswa. Tahun ini PBSB dibuka pada pilihan 23 perguruan tinggi mitra dan 85 program studi melalui skema pemanfaatan Dana Abadi Pesantren.

Ada 1000 kuota beasiswa bagi santri yang akan melanjutkan studi ke jenjang Strata satu (S1) dan Strata dua (S2). Proses pendaftaran beasiswa dapat dilakukan melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama atau melalui laman https://beasiswa.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/

Pilihan prodi yang dapat dipilih oleh santri diantaranya mulai dari Keagamaan, Manajemen, Pendidikan, Sains dan Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial Humaniora. Namun penting untuk diingat bahwa pendaftar hanya diperkenankan memilih satu prodi saja saat mendaftar PBSB 2023. 

Waryono menerangkan, PBSB 2023 merupakan program kolaborasi Kementerian Agama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan berupa pengelolaan dan pendanaan beasiswa gelar yang bersumber dari Dana Abadi Pesantren (DAP) bagi santri lulusan Pondok Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, atau sebutan lain yang setara.

"PBSB ini dirancang untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi lulusan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan Pesantren, dalam rangka mengembangkan minat bakat dan penguasaan disiplin keilmuan serta dalam rangka pengabdian kepada Pesantren," terang Waryono.

Bagi santri yang berminat, simak baik-baik jadwal dan persyaratannya:

JADWAL PELAKSANAAN

  1. Periode Pendaftaran PBSB Online: 03 – 13 Juli 2023
  2. Seleksi Tahap 1 (Seleksi Administrasi): 03 – 15 Juli 2023
  3. Pegumuman Kelayakan Mengikuti Seleksi Tahap 2 (Tes Berbasis Elektronik): 17 Juli 2023
  4. Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Tes Berbasis Elektronik: 18 Juli 2023
  5. Pelaksanaan Seleksi Tahap 2 (Tes Berbasis Elektronik): 20 Juli 2023
  6. Pengumuman Kelayakan Mengikuti Seleksi PBSB Tahap 3 (Tes Wawancara/Tes Lisan Online): 24 Juli 2023
  7. Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Seleksi PBSB Tahap 3 (Tes Wawancara/Tes Lisan Online): 26 Juli 2023​​​​​​​
  8. Periode Pelaksanaan Seleksi Tahap 3 (Tes Wawancara/Tes Lisan Online): 28 – 31 Juli 2023 (Menyesuaikan Jumlah Peserta)​​​​​​​
  9. Pengumuman Kelulusan PBSB 2023: 07 Agustus 2023​​​​​​​
  10. Pendaftaran Ulang Pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB: Sesuai kalender akademik PTM masing-masing​​​​​​​
  11. Masa Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB: Sesuai kalender akademik PTM masing-masing​​​​​​​
  12. Pencairan dan Penyaluran Dana PBSB: September - Oktober 2023

PERSYARATAN UMUM

  1. Santri Warga Negara Indonesia.​​​​​​​
  2. Santri asal dari Pesantren yang telah terdaftar di Kementerian Agama, dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) dan aktif melakukan pemutakhiran data pada EMIS Ditjen Pendidikan Islam.​​​​​​​
  3. Santri asal dari Satuan Pendidikan PDF/SPM/PKPPS/Ma’had Aly dan/atau  MAS/MAN/SMA/SMK yang diselenggarakan dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pesantren.​​​​​​​
  4. Santri mukim minimal 3 (tiga) tahun berturut-turut, dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren.​​​​​​​
  5. Memiliki akhlaq terpuji dan layak mengikuti seleksi PBSB direkomendasikan oleh Pimpinan Pesantren dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Pimpinan Pesantren Asal Santri.​​​​​​​
  6. Memiliki kemampuan berbahasa Arab.​​​​​​​
  7. Memiliki kemampuan membaca dan memahami Kitab Kuning.​​​​​​​
  8. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil’alamin.​​​​​​​
  9. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai moderasi beragama, nasionalisme, patriotisme serta integritas.​​​​​​​
  10. Memiliki prestasi akademik dan non akademik dengan melampirkan nilai raport 1 (satu) tahun terakhir, piagam atau sertifikat.

KELENGKAPAN DOKUMEN PERSYARATAN

- JALUR REGULER -

A. Pilihan Program Sarjana (S1):

  1. Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;​​​​
  2. Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);​​​​​
  3. Jika santri belum memiliki KTP, dapat digantikan dengan Scan Akte Kelahiran;​​​​​
  4. Scan Kartu Keluarga;​​​​​​
  5. Scan Asli Raport Halaman Identitas Santri dan Halaman Nilai 1 (satu) Tahun Terakhir;​​​​​​
  6. Scan Asli Salinan Ijazah Telah Dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus SPM/PDF/PKPPS/MAS/MAN/SMA/SMK;​​​​​​
  7. Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada);​​​​​​​
  8. Scan Asli Surat Keterangan Mukim ditandatangani oleh pimpinan Pesantren​​​​​​​
  9. Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri ditandatangani oleh pimpinan Pesantren;​​​​​​​
  10. Scan Asli Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Dokumen bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan;​​​​​​​
  11. Scan Asli Surat Pernyataan Komitmen Calon Mahasantri PBSB bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan.​​​​​​​
  12. Scan Asli Surat Keterangan Santri Mampu Membaca dan Memahami Kitab Fathul Qarib Bagi Pendaftar pada Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah;​​​​​​​
  13. Scan Asli Surat Pernyataan Bersedia Mematuhi Peraturan Ma’had Aly Salafiyah Syafi'iyah bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan.

B. Pilihan Program Magister (S2):

  1. Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;​​​​​​​
  2. Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);​​​​​​​
  3. Scan Akte Kelahiran;​​​​​​​
  4. Scan Kartu Keluarga;​​​​​​​
  5. Scan Asli Salinan Ijazah S1 dan sederajat telah dilegalisir;​​​​​​​
  6. Scan Asli Salinan Transkrip nilai jenjang S1 dan sederajat telah dilegalisir;​​​​​​​
  7. Proposal rencana penelitian untuk tesis;​​​​​​​
  8. Scan Asli Surat Izin dari pimpinan Pesantren atau guru besar atau dosen atau atasan langsung bagi yang sudah bekerja;​​​​​​​
  9. Daftar publikasi karya ilmiah telah diterbitkan (jika ada);​​​​​​​
  10. Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada);​​​​​​​
  11. Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal pendaftar ditandatangani oleh pimpinan Pesantren;​​​​​​​
  12. Scan Asli Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Dokumen bermaterai Rp.10.000,- dan  bertanda tangan santri bersangkutan;​​​​​​​
  13. Scan Asli Surat Pernyataan Komitmen Calon Mahasantri PBSB bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan;​​​​​​​
  14. Scan Asli Surat Keterangan Santri Mampu Membaca dan Memahami Kitab Fathul Qarib  Bagi Pendaftar pada Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah;​​​​​​​
  15. Scan Asli Surat Pernyataan Bersedia Mematuhi Peraturan Ma’had Aly Salafiyah Syafi'iyah bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan.

- JALUR LOA -

A. Pilihan Program Sarjana (S1):

  1. Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;​​​​​​​
  2. Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);​​​​​​​
  3. Jika santri belum memiliki KTP, bisa digantikan dengan Scan Akte Kelahiran;​​​​​​​
  4. Scan Kartu Keluarga;​​​​​​​
  5. Scan Asli Raport Halaman Identitas Santri dan Halaman Nilai 1 (satu) Tahun Terakhir;​​​​​​​
  6. Scan Asli Salinan Ijazah Yang Telah Dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus SPM/PDF/PKPPS/MAS/MAN/SMA/SMK;​​​​​​​
  7. Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada);​​​​​​​
  8. Scan Asli LOA Unconditional/Surat yang menyatakan dan menerangkan bahwa pendaftar telah diterima tanpa syarat pada PTM;​​​​​​​
  9. Scan Asli Surat Keterangan Mukim ditandatangani oleh pimpinan Pesantren;​​​​​​​
  10. Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri ditandatangani oleh pimpinan  Pesantren;​​​​​​​
  11. Scan Asli Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Dokumen bermaterai Rp.10.000,- dan  bertanda tangan santri bersangkutan;​​​​​​​
  12. Scan Asli Surat Pernyataan Komitmen Calon Mahasantri PBSB bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan;​​​​​​​
  13. Scan Asli Surat Keterangan Santri Mampu Membaca dan Memahami Kitab Fathul Qarib Bagi Pendaftar pada Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah;​​​​​​​
  14. Scan Asli Surat Pernyataan Bersedia Mematuhi Peraturan Ma’had Aly Salafiyah Syafi'iyah bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan.

2. Pilihan Program Magister (S2):

  1. Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;​​​​​​​
  2. Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);​​​​​​​
  3. Scan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;​​​​​​​
  4. Scan Kartu Keluarga;​​​​​​​
  5. Scan Asli Salinan Ijazah S1 dan sederajat telah dilegalisir;​​​​​​​
  6. Scan Asli Salinan Transkrip nilai jenjang S1 dan sederajat telah dilegalisir;​​​​​​​
  7. Proposal rencana penelitian untuk tesis;​​​​​​​
  8. Scan Asli Surat Izin dari pimpinan Pesantren atau guru besar atau dosen atau atasan langsung bagi yang sudah bekerja;Booklet PBSB Tahun 2023 68​​​​​​​
  9. Daftar publikasi karya ilmiah telah diterbitkan (jika ada);​​​​​​​
  10. Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada);​​​​​​​
  11. Scan Asli LOA Unconditional/Surat yang menyatakan dan menerangkan bahwa pendaftar telah diterima tanpa syarat pada PTM;​​​​​​​
  12. Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri ditandatangani oleh pimpinan Pesantren;​​​​​​​
  13. Scan Asli Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Dokumen bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan;​​​​​​​
  14. Scan Asli Surat Pernyataan Komitmen Calon Mahasantri PBSB bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan;​​​​​​​
  15. Scan Asli Surat Keterangan Santri Mampu Membaca dan Memahami Kitab Fathul Qarib Bagi Pendaftar pada Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah;​​​​​​​
  16. Scan Asli Surat Pernyataan Bersedia Mematuhi Peraturan Ma’had Aly Salafiyah Syafi'iyah bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan.

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.