12 Ribu Siswa Mengikuti Kompetisi Sains Madrash Tingkat Provinsi

12 Ribu Siswa Mengikuti Kompetisi Sains Madrash Tingkat Provinsi

Jakarta (Pendis)- Sebanyak 12.893 siswa madrasah dari kabupaten/kota se-Indonesia tengah mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi di wilayah daerah provinsi masing- masing. Kegiatan KSM tingkat provinsi yang digelar secara serentak mulai 14 sampai 15 Agustus 2019.

Menurut Kasubdit kesiswaan Nani Pujiastuti bahwa penyelenggaraan kegiatan KSM ini menggunakan sistem tes berbasis komputer atau computer based test/CBT. Peserta merupakan siswa-siswi madrasah tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA) juga dari sekolah umum yang mendaftar.

Nani menjelaskan, mereka akan berlomba pada sembilan bidang yang dilombakan, yaitu Matematika Terintegrasi (MI, MTS, MA), IPA Terintegrasi (MI), IPA Terpadu Terintegrasi (MTS), IPS Terpadu Terintegrasi (MTS), Biologi Terintegrasi (MA, Fisika Terintegrasi (MA), Kimia Terintegrasi (MA), Ekonomi Terintegrasi (MA), dan Geografi Terintegrasi (MA).

"Kami mengucapkan selamat dan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan KSM serentak yang digelar selama dua hari 14 dan 15 Agustus sebagai ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI dimaksudkan untuk mengasah dan mengaktualisasi keilmuan siswa madrasah. Sekaligus menjadi strategis menegaskan jargon madrasah hebat bermartabat," kata Nani di Kantor Kementerian Agama Lapangan Banteng Jakarta, Rabu (14/8).

Lebih lanjut Nanik menjelaskan bahwa KSM menggunakan konsep yang integratif, yaitu penggabungan antara sains dan keIslaman. KSM ini menjadi strategis, sebagai ajang berkompetisi juga menjadi sarana kita untuk lebih mengenalkan madrasah kepada seluruh masyarakat Indonesia, "KSM mampu memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi," harap Nanik.

Selain itu, lanjutnya lagi, KSM kali ini mampu memiliki dan mengamalkan ajaran agama, setiap siswa madrasah diharapkan juga mampu membangun bangsa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Untuk dikatahui, bahwa sebanyak 146.552 peserta mendaftarkan diri mengikuti ajang lomba KSM, selanjutnya terseleksi 144.067 peserta mengikuti seleksi tingkat Kabupaten/ Kota.


Tags: