2 GUBERNUR DAN 14 WALIKOTA/BUPATI AKAN TERIMA APRESIASI PENDIDIKAN ISLAM

2 GUBERNUR DAN 14 WALIKOTA/BUPATI AKAN TERIMA APRESIASI PENDIDIKAN ISLAM

Jakarta, (pendis) - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI berencana mengadakan Apresiasi Pendidikan Islam (API) yang diberikan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota serta Siswa, Santri, Mahasiswa, Guru dan Tokoh Penggiat Pendidikan Islam.


Khusus untuk para kepala daerah dan bupati/walikota penerima "API" sampai saat ini memasuki tahap wawancara yang akan dilakukan di Hotel Lorr In Sentul, Jawa Barat. Sebelumnya, tahap verivikasi data telah dilakukan sebulan sebelumnya dan dengan cara verifikasi secara faktual ke lapangan.


Rencananya, dalam malam puncak pemberian anugerah akan dilakukan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali secara langsung di Hotel Borobudur, Jakarta, pada tanggal 2 januari 2012 yang bertepatan dengan hari ulang tahun Kementerian Agama RI yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2012.


Menurut Panitia Pelaksana, Ainur Rafiq, penghargaan ini merupakan hasil penilaian Kementerian Agama sebagai bentuk apresiasi kepada kepala daerah ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang sukses memajukan daerahnya masing-masing dalam bidang Pendidikan Islam. "mereka bisa dikatakan sebagai penggiat anti radikalisme, menumbuhkan budaya toleran dan meredam konflik lokal yang terjadi dibeberapa daerah di Indonesia melalui jalur pendidikan agama," ujarnya.


Para kepala daerah dan para bupati atau walikota kami berikan penghargaan karena mampu memajukan dan mengembangkan daerahnya melalui pendidikan Islam. "mereka ini memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan agama dan pendidikan keagamaan dengan mengalokasikan anggaran yang memadai," ujarnya.


"Selain itu, mereka juga mengalokasikan anggaran untuk meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan serta menyediakan sarana dan prasarana bagi pembangunan pendidikan agama," imbuh Rafiq.


Selain pemberian anugerah kepada para bupati/walikota, Ditjen Pendis juga memberikan anugerah kepada para Tokoh Pendidikan Madrasah, Pengelola Perpustakaan Terbaik, Guru Inovatif serta beberapa kategori lainnya yang telah ditetapkan oleh panitia.


Pada 20 Desember 2011 kemarin, panitia berhasil menyeleksi 2 gubernur dan 14 nominator bupati/walikota dari semula 36 pendaftar untuk menjadi nominator penerima penghargaan. Selanjutnya dari 16 nominator tersebut akan diundang Kemenag pada tanggal 23 Desember 2011 untuk mengikuti seleksi final bertempat di Hotel Lorrin-Sentul Bogor, Jawa Barat.



Tags: