243 Mahasiswa Bersaing di ON MIPA 2013

243 Mahasiswa Bersaing di ON MIPA 2013

SEMARANG - Sebanyak 243 mahasiswa dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) sewilayah Kopertis VI Jawa Tengah ber­kompetisi pada ajang Olimpiade Nasional (ON) MIPA 2013 di IKIP PGRI Semarang, Senin (29/4). Seleksi tingkat provinsi tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia untuk maju ke tingkat nasional.

Ratusan mahasiswa itu berasal 17 PTN dan PTS, di antaranya Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (Unsoed) Universitas Sebelas Maret Solo (UNS), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Diponegoro (Undip). Kemudian IKIP PGRI Semarang, Universitas Muham­madiyah Purwokerto, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Universitas Wahid Hasyim (Un­wahas), dan Universitas Muham­madiyah Semarang (Unimus).

Tim Panitia ON MIPA 2013 Prof Purwantiningsih mengatakan, setiap perguruan tinggi dapat mengirimkan 20-28 mahasiswa untuk mengikuti seleksi itu. Mereka akan diseleksi di tingkat kopertis atau provinsi untuk ditandingkan di tingkat nasional.

"Dalam seleksi ini panitia akan memeringkatkan 1-20 dari seluruh peserta di Indonesia untuk maju ke babak final tingkat nasional," ungkapnya di sela-sela seleksi, kemarin.

Perluas Wawasan

Dalam seleksi tingkat wilayah itu, materi MIPA yang diujikan untuk bidang Matematika adalah analisis riil, kombinatorika, aljabar linear, analisis kompleks, dan struktur aljabar. Bidang Kimia meliputi kimia fisika, kimia anorganik, kimia organik, dan kimia analitik. Kemudian di bidang Biologi meliputi botani, zoologi, mikrobiologi, ekologi-evolusi, genetika, dan biologi sel. Di bidang Fisika adalah mekanika, elektrodinamika, termodinamika, fisika modern, dan mekanika kuantum.

Pada penyelenggaraan yang digelar setiap tersebut IKIP PGRI menjadi tuan rumah wilayah Jateng untuk ketiga kalinya. Rektor IKIP PGRI Semarang Dr Muhdi mengatakan, melalui kegiatan tersebut diharapkan lahir generasi bangsa yang cerdas untuk masa mendatang.

Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng Prof DYP Sugiharto menyampaikan, penyelenggaraan ON MIPA itu merupakan agenda nasional dari Ditjen Dikti. Kegiatan tersebut selain dapat memperluas wawasan mahasiswa, diharapkan juga bisa mengembangkan kualitas pembelajaran bagi mereka.

"Pada seleksi ON MIPA tingkat provinsi atau Kopertis ini tidak hanya kecerdasan logika yang diuji, tetapi juga ketangguhan, kejujuran, dan ketaatan mahasiswa dalam mengikuti kompetisi," kata dia.


Tags: