331 Dosen PTKI se-Indonesia Terima Beasiswa Penelitian

331 Dosen PTKI se-Indonesia Terima Beasiswa Penelitian

Jakarta (Pendis) - Sejumlah pengajar dan pengelola jurnal di kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) menerima Dana Bantuan Peningkatan Mutu Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Ke-331 para peneriam dana bantuan tersebut tersebar dalam 7 propinsi, yaitu: Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

"Para penerima bantuan tersebut merupakan hasil rujukan dari Evaluasi Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan sebagai pemberitahuan pencairan tahap kedua (40%) untuk penerima bantuan," ujar Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Amsal Bakhtiar, sebagaimana tersebut dalam surat yang diterima redaksi (19/12/2016).

Hal penting yang perlu diperhatikan bagi para penerima bantuan adalah batas akhir pengiriman laporan. "Batas pengiriman laporan hasil penelitian, publikasi ilmiah dan penggunaan dana bantuan (keuangan) bagi semua penerima bantuan adalah tanggal 31 Desember 2016 (stempel pos)," terang mantan pengajar UIN Syarif Hidayatullah ini.

Secara detailnya, inilah para penerima bantuan. Penerima Bantuan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Wilayah Jawa Timur dan NTB; "Yang Telah Mengikuti Seminar Hasil Progres" ada 172 dosen. Mereka dikategorikan dalam Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Untuk kategori penelitian ada 3 tingkatan; Penelitian Pemula sebanyak 90 dosen, Penelitian Madya sebanyak 10 dosen, dan Penelitian Unggulan sebanyak 18 dosen. Untuk kategori pengabdian kepada masyarakat ada 2 kategori: Kategori Pemula sebanyak 22 orang dan Pengabdian Unggulan sebanyak 32 dosen.

Untuk penerima Bantuan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten yang telah mengikuti seminar evaluasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dikategorikan juga atas Penelitan dan Pengabdian. Untuk kategori penelitian terdiri atas: Penelitian Pemula dan Madya sebanyak 5 orang, dan Peneliti Unggulan sebanyak 6 orang. Sedangkan untuk Pengabdian sebanyak 16 orang.

Sedangkan penerima Bantuan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang telah mengikuti seminar evaluasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terdiri atas 2 kluster. Kategori Kluster Penelitian ada 19 orang dan Pengabdian kepada masyarakat sebanyak 32 orang.

Penerima Bantuan Peningkatan Mutu Publikasi dan Jurnal Ilmiah sebanyak 71 dosen. Mereka dikategorikan atas 5 kluster. Kluster Ekspose Karya Karya Ilmiah (EKI) sebanyak 2 orang dosen dengan judul karya ilmiahnya, Kluster Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sebanyak 5 dosen dengan judul karyanya, Kluster Akselarasi Jurnal Ilmiah sebanyak 15 pengelola jurnal beserta judulnya, Kluster Akreditasi Jurnal Ilmiah sebanyak 7 pengelola jurnal dengan judulnya dan Kluster Pembinaan Jurnal sebanyak 42 dosen berdasar karya ilmiahnya. Sedangkan untuk Penerima Bantuan Internship Peningkatan Mutu Jurnal Ilmiah Internasional ada 10 orang pegelola jurnal di masing-masing PTKIN.

Menurut catatan, program bantuan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan wujud komitmen Direktorat Pendidikan Tinggi Islam untuk memberikan akses yang luas bagi dosen dalam rangka peningkatan kapasitas (capacity building) di ranah akademik khususnya dalam bidang penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat. (@viva_tnu/dod)

Silahkan Download :
1. Penerima Bantuan Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat
2. Daftar Penerima Bantuan Jatim dan NTB
3. Daftar Penerima Bantuan Jabar, DKI dan Banten
4. Daftar Penerima Bantuan Jateng dan DIY
5. Daftar Penerima Bantuan Mutu Publikasi dan Jurnal


Tags: