Akreditasi Tingkatkan Mutu sekaligus Perkuat Posisi Kelembagaan PDF

Akreditasi Tingkatkan Mutu sekaligus Perkuat Posisi Kelembagaan PDF

Banjarmasin (Pendis) - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kemenag Propinsi Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenag Kalsel)
menyelenggarakan Sosialisasi Akreditasi Pada Lembaga Pendidikan Diniyah Formal (PDF) yang bertempat di Aula Kanwil Kemenag Kalsel di Banjarmasin (3/12).

Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kanwil Kemenag Kalsel Halimatussa'diyah mengatakan bahwa akreditasi pada lembaga PDF merupakan keniscayaan yang harus dilakukan dalam upaya meningkatkan mutu lembaga PDF sesuai peraturan yang berlaku.

Halimah menyatakan sangat mengapresiasi dan mendukung rencana pelaksanaan akreditasi pada PDF.

"Dukungan kami ini merupakan bagian dari sinergitas yang baik untuk kesuksesan pelaksanaan program dan kegiatan Kemenag" ucap Kabid PAKIS.

Senada, Ahmad Khanali JFT Perencana Muda pada Direktorat PD Pontren menyatakan akreditasi lembaga PDF merupakan kebijakan pemerintah melalui Kemenag yang merupakan amanat dari Peraturan Menteri Agama Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam.

"Sehingga sosialisasi ini menjadi upaya awal yang bisa dilakukan sebagai bagian dari langkah persiapan akreditasi pada lembaga PDF" ucap Ahmad.

Affandi Mochtar dalam paparannya menyampaikan materi tentang Penjaminan Mutu PDF dan Petunjuk Teknis Akreditasi pada PDF.

"Dengan akreditasi diharapkan akan meningkatkan mutu sekaligus memperkuat posisi kelembagaan PDF" ujar Affandi di sela-sela paparan materi.

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren pada Kanwil Kemenag Kalsel Sauqi mengatakan di samping perlunya penyiapan waktu pelaksanaan akreditasi yang cukup juga perlu adanya pendampingan pada lembaga penyelenggara PDF utamanya pada saat pengisian instrumen dan penyiapan dokumen-dokumen agar tercapai hasil akreditasi yang optimal.

"Capaian akreditasi pada lembaga PDF harus dijaga betul karena merupakan jatidiri sekaligus harga diri lembaga PDF yang bersangkutan" pungkas Sauqi.

Sosialisasi dihadiri peserta dari lembaga PDF Wustha & Ulya Ar-Raudhah Hulu Sungai Utara, PDF Wustha & Ulya PP Darussalim Tanah Laut, PDF Wustha & Ulya Raudlatul Muta'allimin Hulu Sungai Utara, PDF Wustha & Ulya Nurul Jannah Banjarmasin, PDF Wustha & Ulya Darussalam Hulu Sungai Utara, dan PDF Wustha & Ulya Nurul Hidayah Tapin beserta unsur dari Bidang PAKIS Kanwil Kemenag Kalsel.(Kanali/Hik)


Tags: