Alhamdulillah... Seribu Guru di Bangkalan Terima Beasiswa S1

Alhamdulillah... Seribu Guru di Bangkalan Terima Beasiswa S1

REPUBLIKA.CO.ID,BANGKALAN - Seribu guru di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menerima beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang strata-1 (S1) dari pemkab setempat. Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Bangkalan, Setijabudi, Kamis (17/2) menyatakan guru yang menerima bantuan beasiswa itu merupakan para guru yang belum mengenyam pendidikan S1.

"Ada sekitar seribu orang yang mendapatkan beasiswa dari pemerintah. Setiap orang mendapatkan Rp 1 juta dalam satu semester," kata Setijabudi.

Budi menjelaskan pihaknya sudah bekerja sama dengan Universitas Terbuka (UT), STKIP Bangkalan, dan Universitas Trunojoyo (Unijoyo) Bangkalan dalam menyukseskan program tersebut. "Pada tahun 2013, semua guru harus mengantongi ijazah sarjana, baik TK maupun SD," ungkapnya.

Menurut Budi, program tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme guru dalam memberikan pengetahun terhadap siswa. Sehingga para siswa bisa lebih mudah mengerti dalam menerima pelajaran. "Di sini masih banyak guru yang belum berijazah S1. Dengan adanya program ini, kami optimistis semua guru di sini nantinya bakal bergelar sarjana," kata Budi yang juga mantan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bangkalan itu.

Ia menjelaskan bahwa usia guru tidak memungkinkan untuk mendapatkan ijazah sarjana karena terbentur masa pensiun. Karena itu, pemerintah menganggap guru yang bersangkutan telah sarjana dilihat dari jam terbang dalam mengajar. "Adapun mekanisme pencarian beasiswa sendiri yakni mahasiswa menempuh pendidikan terlebih dulu selama satu semester. Baru setelah itu, beasiswa akan cair. Karena, pemerintah tidak ingin memilih kucing dalam karung," ujarnya.


Tags: