Foto Badrus Sholeh

Foto Badrus Sholeh

Jakarta (Pendis) - Salah satu Peserta Grand Final Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Tahun 2022, Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Demak, Muhammad Badrus Sholeh menjadikan kisah perjalanannya dalam kategori lomba guru inspiratif. 

Dalam karyanya tersebut, Badrus menceritakan perjalanan hidupnya dari awal hingga ia dapat menjadi guru, bahkan hingga dapat mengikuti lomba kisah inspiratif yang berjudul "Badrus, Guru Madrasah Berprestasi Kaya Publikasi". Ia mengungkapkan beberapa penghargaan yang telah dia peroleh, baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. 

Ia merupakan peraih Juara I Guru MTs Berprestasi Tingkat Kabupaten Demak tahun 2012, Juara I Guru MTs Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2013, dan Juara II Guru MTs Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2013. Selain itu, pada tahun 2011, meraih penghargaan sebagai penulis terbaik pada lomba penulig Program Kegiatan Sekolah Literasi Keagamaan Lintas Budaya (2022), dan Juara Harapan Menyusan karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Majalah Guruku. Pada tahun 2017, dia juga pernah masuk nominasi 10 besar pada Olimpiade Literasi Nasional kategori Literasi Guru yang diselenggarkan oleh Dompet Dhuafa. 

Adapun prestasi terkini meraih Juara 3 Lomba Esai Literasi Keagamaan Lintas Budaya (2022), Juara Harapan Merancansun RPP Literasi Keagamaan Lintas Budaya (2022). Ketiga kompetisi tersebut merupakan event lomba tingkat nasional yang diselengarakan oleh Institut Leimena.

Selain segudang prestasi yang diperoleh, Badrus juga memiliki Hobi menulis buku, terutama buku teks menunjang kegiatan pembelajaran. 
Karya buku yang telah ia tulis antara lain: 
- Smart English Book for Grade VII SMP/MTs Students (2012)
- Smart English Book for Grade VIII SMP/MTs Students (2012)
- Smart English Book for Grade IX SMP/MTs Students (2012)
- Buku Siswa Headline English I for SMP-MTs Students (2013)
- Buku Guru Headline English I for SMP-MTs Students (2013)
- Buku Siswa Headline English II for SMP-MTs Students (2013)
- Buku Guru Headline English II for SMP-MTs Students (2013)
- Buku Siswa Headline English III for SMP-MTs Students (2013). 

Buku-buku tersebut saat ini telah direvisi beberapa kali dan disesuaikan dengan tuntutan kurikulum yang ada. Selain buku teks pada jenjang SMP/MTs, Badrus juga menulis buku penunjang kegiatan pembelajaran pada jenjang SMA dan SMK. 

"Pada tahun 2017, saya menulis buku penunjang persiapan ujian nasioanal bahasa Inggris untuk SMA yang berjudul Ujian Listening itu Mudah," 

"Buku ini menyajikan tips dan trik menghadapi Ujian Nasional mata pelajaran bahasa Inggris SMA/MA terutama bagian (section) mendengarkan (listening)," sambungnya.

Badrus juga memiliki karya dalam menulis karya tulis ilmiah yang telah terbit, baik dalam nasional maupun internasional. Beberapa jurnal internasional karya Badrus diantaranya “Task-Based Learning (TBL) in EFL classroom: from theory to practice” (International Journal of Humanities and Innovation, 2020), “Indonesian EFL Learners’ Attitude and Perception on Taks-Based Language Teaching” (Lublin Studies in Modern Languages and Literature, 2021). 

Selain jurnal internasional, pria kelahiran Demak ini juga mempunyai karya ilmiah yang terbit dalam prosiding internasional, yaitu yang berjudul “The Integration of Religious Moderation Values in English Language Teaching in Madrasah” (Atlantis Press_Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 2022).

Badrus meyakini bahwa kesuksesan tidak memandang warna kulit dan latar belakang keluarga. Setelah sukse menjadi guru, Badrus harus tetap berupaya dan bekerja keras untuk menjadi sosok guru yang mampu  menghantarkan peserta didiknya ke gerbang kesuksesan berikutnya, dengan menjadi guru yang inspiratif, kreatif, dan inovatif sehingga tujuan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat segera terwujud.