Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen saat memberikan sambutan

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen saat memberikan sambutan

Grobogan (Pendis) – Obor pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) IX 2022 disulut menggunakan Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, pada Senin (21/11/2022). 

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen saat memberikan pengarahan menyampaikan Pospenas menjadi sebuah gerakan santri yang memiliki tema sangat menarik yaitu "Gerak Santri, Bangkit Negeri."

"Kita harus dorong olahraganya, seninya, sebab secara turun temurun seni dan budaya  menjadi media dakwah para pendahulu," tutur Wagub.

Gus Yasin, sapaan Wagub Taj Yasin mengatakan tujuan utama Pospenas sepatutnya adalah meningkatkan kesenian dan kesehatan baru muncul prestasi. Ia juga menekankan untuk selalu merawat budaya dan kesenian yang dilandasi dengan keterbukaan sehingga olahraga dan kesenian dapat merekatkan jalinan silaturahmi dan persaudaraan antar santri dan pesantren.

Gus Yasin menyebut, gelaran Pospenas di Solo tak sekadar lomba. Menurutnya, agenda itu bagian dari merawat warisan para pendahulu, seperti Walisanga. 

"Perlu diingat bahwa Pospenas turunan dari metode dakwah pendahulu, seperti Walisanga dan para kiai. Mereka dakwah menyebarkan agama melalui kesenian dan kebudayaan sehingga hal itu harus dijunjung betul," ujarnya. 

Sebagai tuan rumah, Gus Yasin meminta para santri, khususnya Jawa Tengah di Pospenas mampu menjamu tamunya dengan baik dan berprestasi. Tentunya, lanjut Yasin, dengan tetap menjaga sportivitas. 

"Harapannya santri dengan pemerintah bisa sinergi, dengan ulama-umara sehingga negara aman dan menyejahterakan masyarakat," katanya.

Pospenas sendiri digelar di Solo, 23-27 November 2022. Seluruh provinsi di Indonesia mengirimkan wakilnya untuk mengikutinya. Total ada 2.876 santri yang ikut dalam Porpenas IX ini.

Pengambilan api dilakukan atlet pencak silat asal Ponpes Al Hidayah Karangrayung, Grobogan, Rifki Adrian. Kemudian, obor diserahkan ke Bupati Grobogan Sri Sumarni untuk diteruskan ke Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin. Dari Taj Yasin, obor kemudian diserahkan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementrian Agama RI, Waryono Abdul Ghofur. Obor kemudian diserahkan para santri untuk diarak menuju Solo, tempat penyelenggaraan Pospenas IX 2022.