Foto : Bendera kontingen IAIN Langsa berkibar di arena PESONA I

Foto : Bendera kontingen IAIN Langsa berkibar di arena PESONA I

Bandung (Pendis) – Derap langkah pengibar bendera kontingean mengawali acara prosesi pembukaan Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di Kota Bandung, puluhan bendera kontingen dari penjuru negeri berkibar di arena Pesona I.

Menempati posisi terdepan setelah deretan bendera merah putih, bendera Kemenrian Agama dan bendera PESONA I, berkibar bendera kontingen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, bentuk lambang garis lengkung yang membentuk lima sudut, melambangkan sila-sila dari Pancasila,  dua bulu angsa yang pangkalnya berbentuk pena, melambangkan keilmuan, kelembutan, dan perdamaian, konfigurasi kubah masjid yang dibentuk oleh lengkungan bulu angsa dan pita melambangkan keislaman.

Selanjutnya,  kitab Al-Quran yang terbuka melambangkan dasar keilmuan Islam, simpul pada pangkal bulu angsa melambangkan kesatuan iman, islam, dan ihsan, jaring laba-laba melambangkan trans-disipliner keilmuan dan internasional network, warna dasar hijau daun melambangkan kedamaian dan warna kuning pada garis lengkung, melambangkan kemuliaan dan kebesaran jiwa dantulisan IAIN LANGSA menunjukkan nama dan tempat kedudukan.

Filosofi tersebut menjadikan kontingen IAIN Langsa semangat dalam memperjuangkan prestasi pada perhelatan nasional yang diikuti oleh 72 PTKN se – Indonesia. Dengan semangat kebersamaan, semangat sportifitas dan ukhwah wathaniyah, IAIN Langsa yakin akan meraih juara pada ajang bergengsi tersebut.   (by)