BOPTN Kurangi Beban Mahasiswa

BOPTN Kurangi Beban Mahasiswa

JAKARTA (KRjogja.com) -Bantuan dana untuk biaya operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) yang digelontorkan pemerintah diyakini dapat menekan biaya operasional yang dibebankan kepada mahasiswa. Karena itu, biaya pendidikan mahasiswa pada 2013 akan diturunkan.

Anggota Komisi X DPR Zulfadhli menjelaskanpengaturan standar biaya operasional perguruan tinggi (PT) di tiap-tiap prodi yang disertai dengan bantuan BOPTN, memberi dampak signifikan menekan biaya operasional yang dibebankan kepada mahasiswa.

"Pengaturan standar biaya komponen prodi melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) dinilai sudah sejalan dengan amanat UU tentang Pendidikan Tinggi (UU PT). Pola pengaturan seperti itu efektif untuk mengendalikan biaya yang dibebankan ke mahasiswa," kata Zulfadhli di Jakarta.

Menurut dia aturan mengenai ketentuan biaya operasional yang dibebankan kepada mahasiswa serta bantuan dana BOPTN, disusun dengan per hitungan yang jelas dan transparan sesuai besaran biaya komponen pada masing-masing prodi di PTN. Upaya tersebut dinilai mampu menekan kesenjangan penetapan besaran biaya prodi di masing-masing PTN, sehingga PTN tidak bisa seenaknya menetapkan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa. "Pengaturan besaran biaya prodi berdasarkan perhitungan yang jelas dan transparan,” imbuhnya.

Zulfadhli menjelaskan, selama ini beban biaya mahasiswa dibuat kampus berdasarkan putusan rektor dengan menggunakan penghitungan yang tidak jelas, sehingga tidak sedikit prodi yang dikenakan biaya tinggi, tidak proporsional dan transparan. Karena itu, melalui UU PT, biaya perasional mahasiswa harus diatur berdasarkan biaya operasional tiap prodi agar lebih terukur. Pasalnya, biaya komponen sudah ditentukan dalam Permendikbud. "Pengaturan itu dilakukan secara terbuka dan transparan setiap tahun," terangnya. (Okz/Tom)


Tags: