Bulan Ramadhan: Perbanyak Baca Al-Quran dan Sedekah

Bulan Ramadhan: Perbanyak Baca Al-Quran dan Sedekah

Jakarta (Pendis) - Bulan Ramadhan adalah bulan sedekah, saatnya memberi, menyantuni yang fakir miskin serta beramal baik sebanyak-banyaknya. Ramadhan juga bulan Al-Quran, maka perbanyaklah membaca dan mendalaminya.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan amaliyah-amaliyah yang dianjurkan di dalam bulan Ramadhan, diantaranya menyegerakan berbuka puasa (ta`jil), mengakhirkan sahur, membaca Al-Quran, berinfak dan shodaqah, banyak berdoa dan perbanyak i`tikaf. Demikian sekilas uraian Kultum Ramadhan oleh Moh. Ishom Yusqi, Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam pada Selasa (06/06) di Musholla At Tarbiyah Ditjen Pendidikan Islam lantai VII.

Sambil berseloroh kepada Pegawai Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Ishom menghrapkan untuk tidak banyak main game di ruangan, namun di samping bekerja disempatkan membaca Al-Quran. Ishom melanjutkan, pada zaman sahabat nabi diceritakan, rumah-rumahnya seperti bunyi tawon karena ramainya sahabat nabi mengaji di rumah. "Coba bandingkan dengan rumah kita saat ini, apakah ramai digunakan untuk membaca Al-Quran atau dengan kegiatan lainnya," tanya Ishom.

Di hadapan kurang lebih 100 jamaah sholat dzuhur Ishom Yusqi juga menekankan pentingnya memperbanyak i`tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan. Nabi Muhammad SAW, kata Ishon, tidak pernah meninggalkan i`tikaf di tanggal-tanggal itu karena biasanya lailatul qadar akan turun. "Adalah Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam apabila memasuki 10 terakhir Ramadhan, beliau menguatkan ikatan tali sarungnya (yakni meningkat amalan ibadah baginda), menghidupkan malam-malamnya, dan membangunkan istri-istrinya." (Muttafaqun `alaihi).

Kuliah Ramadhan dilakukan bergantian oleh para kyai, ustad dan para profesor secara bergantian baik berasal dari dalam dan luar Ditjen Pendidikan Islam diantaranya Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, MA; Prof. M. Ishom Yusqi, MA; Prof. M. Nur Kholis Setiawan; Prof. Dr. Nizar Ali, MA; Dr. Imam Safei. M.Pd; Dr. Ahmad Zayadi, M.Pd; Prof. Dr. Suyitno, M.Ag; KH. Ahmad Rusydi; KH. Dr. Moqsid Ghazali, MA; Dr. Basnang Said, M.Ag; Adib Abdusshomad, Ph.D; Dr. M. Zen, MA; Dr. Suwendi; dan lain-lain.

Selama Bulan Ramadhan, Musholla At-Tarbiyah Ditjen Pendidikan Islam menyelenggarakan berbagai kegiatan peningkatan kualitas iman dan taqwa diantaranya: kuliah Ramadhan setiap ba`da sholat dzuhur, peringatan Nuzulul Quran dan tadarus Al-Quran. Tidak kurang 100 jamaah mengikuti kegiatan ini meramaikan Musholla At-Tarbiyah yang berada di lantai VII. (Ruchman Basori/dod)


Tags: