Suasana tes di UIN Bandung

Suasana tes di UIN Bandung

Bandung (Pendis) -- Sebanyak 3.513 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 Unpad gelombang pertama yang berlangsung di Gedung Lecture Hall UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak 30 April-6 Mei 2024.

Koordinator pelaksana UTBK-SNBT Unpad Inu Isnaeni Sidiq, mengatakan Unpad telah menyediakan total sebanyak 22 ruangan dengan kapasitas 25 peserta untuk mengakomodasi tingginya jumlah peminat yang ingin melaksanakan ujian di Unpad.

Selain digelar di kampus Jatinangor, pelaksanaan UTBK-SNBT di Pusat UTBK Unpad juga digelar di 16 ruangan di kampus UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. “Persiapannya sudah dilaksanakan cukup lama, kita sudah melakukan persiapan dengan melakukan web survei. Ini adalah tahapan untuk mengecek kelayakan komputer apakah sesuai dengan ketentuan dari pusat pengembangan atau tidak,” ujarnya.


Pada pelaksanaan UTBK hari pertama ditemukan beberapa pelanggaran kecil yang dilakukan oleh peserta, yaitu pelanggaran tata tertib seperti peserta yang tidak menggunakan kemeja berkerah, tetapi menggunakan kaos oblong dan celana yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Meskipun pada hari pertama pelaksanaan UTBK masih banyak ditemukan peserta yang tidak membawa kelengkapan dokumen yang diperlukan dalam bentuk cetak. Untuk itu, para peserta agar lebih mempersiapkan kelengkapan berkas-berkas yang perlu dibawa ke lokasi ujian. “Perhatikan dokumen-dokumen wajib yang harus dibawa apa saja. Tata tertib yang ada pada kartu peserta itu diperhatikan kembali, termasuk berpakaian yang sopan, dan lain sebagainya.”

Peserta dapat memperhatikan waktu pelaksanaan ujian dan hadir di lokasi paling satu jam sebelum ujian dilaksanakan sebagai antisipasi hal yang tidak diinginkan seperti tidak dapat mengikuti ujian karena keterlambatan. “Setelah aplikasi ujian sudah berjalan, dia sudah tidak bisa masuk sama sekali. Sudah tidak bisa ikut ujian apapun alasannya.”

Saat meninjau pelaksanaan UTBK di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Rektor Rosihon Anwar, didampingi oleh para Wakil Rektor, Ketua PTIPD, Ketua PMB mengatakan “UTBK di UIN Bandung diikuti 3.513 peserta. Setiap harinya digelar 2 sesi, kecuali hari Jumat 1 sesi 16 kelas dan hari terakhir, Senin 6 Mei 2024. 1 sesi sebanyak 4 kelas. UTBK dilaksanakan mulai hari Selasa tanggal 30 April 2024 sampai Senin, 6 Mei 2024 kecuali hari libur nasional, hari buruh internasional tanggal 1 Mei 2024, sedangkan hari Sabtu dan Minggu UTBK tetap dilaksanakan sesuai jadwal (2 sesi per hari),” tegasnya.

Ruangan yang dipakai sebanyak 16 ruangan Laboratorium Komputer PTIPD di Gedung Lecture Hall. “Alhamdulillah berjalan lancar, baik sesuai yang kita harapkan. Saya atas nama pimpinan mengucapkan terimakasih panitia pusat UTBK Unpad yang telah mempercayai kami untuk ikut serta dalam pelaksanaan UTBK 2024. Mudah-mudahan dapat mencetak generasi emas yang hebat dan diterima di kampus yang unggul, kompetitif dan moderat,” jelasnya.