Tim Penggagas Smart School Security

Tim Penggagas Smart School Security

 

Bantul (Pendis) — Sukses menciptakan Smart School Security, tim riset MTs Negeri berhasil meraih Medali Silver dalam International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) tahun 2022. Lomba riset internasional ini diselenggarakan oleh IYSA (Indonesia Young Scientist Association). Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., selaku Kepala MTsN 9 Bantul memberikan apresiasi tinggi kepada tim beserta pembimbingnya.

Mu’ad Irawan, S.Si., guru IPA MTsN 9 Bantul sekaligus pembimbing, menjelaskan tim ini terdiri dari tiga siswa, yaitu Zaahiyyah Naurah Khoriidah kelas VII A, Haidar Fathoni, Nabilla Rizma Khairunnisa, dan Muhammad Farros Musthofa kelas VIII E.

Smart School Security didesain untuk ditempatkan pada tempat-tempat yang tidak terjangkau CCTV dan rawan akan orang masuk atau ingin berbuat jahat maka setiap gerakan yang ada akan langsung direkam dan dikirimkan ke smartphone melalui telegram sehingga dengan cepat akan dapat di tindak lanjuti.

Farros menjelaskan lebih lanjut tentang alat ini. Smart School Security ini juga terintegrasi dengan aplikasi Blynk pada smartphone untuk menjalankan atau mematikan atau menghidupkan alat alat yang ada di dalam sekolh atau rumah seperti alarm, lampu, ac, dan lain-lain yang terkoneksi dengan internet sehingga kita dengan mudah dapat menjalankan semua meski kita berada di luar sekolah atau rumah.

Farros mengatakan tidak ada kendala yang berarti dalam lomba ini, kecuali penggunaan bahasa Inggris ketika presentasi di hadapan juri. Ia mengaku belajar ekstra untuk bisa tampil dengan maksimal.

“Alhamdulillah, dengan belajar yang cukup, kami berhasil meraih medali silver,” pungkas Farros.