Cut Afrina SIP MIP, Dosen tetap Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar, dilantik menjadi Ketua Prodi Ilmu Perpustaka

Cut Afrina SIP MIP, Dosen tetap Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar, dilantik menjadi Ketua Prodi Ilmu Perpustaka

Banda Aceh (Pendis)--Cut Afrina SIP MIP, Dosen tetap Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar, dilantik menjadi Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam kampus tersebut.

Pelantikan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh itu berlangsung, Jum'at (6/1/2023), yang dilantik oleh Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Prof Dr Marjoni Imamora MSc.

Ternyata, Cut Afrina merupakan alumni pertama Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang dilantik menjadi Ketua Program Studi.

"Tahniah kepada Cut Afrina atas pelantikannya sebagai Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Batusangkar, dan sepengetahuan saya ini merupakan pelantikan ketua prodi pertama yang diisi oleh alumni Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh,"kata Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Mukhtaruddin dalam keterangan tertulis, Jum'at (6/1/2023).

Pencapaian ini, kata Mukhtar merupakan kebanggaan bagi keluarga besar sivitas akademika Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, karena salah seorang alumninya dilantik menjadi Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam di UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Sumatera Barat.

Tentu, ke depan Ia berharap semakin banyak alumni prodi Ilmu Perpustakaan yang mendapatkan amanah dan kepercayaan seperti ini. "Alhamdulillah, sejak berdiri mulai tahun 2008 sejumlah alumni kita sudah mampu berkontribusi positif untuk kemajuan dunia perpustakaan, khususnya di Aceh,"kata Mukhtar.

Saat ini, selain menjadi pustakawan, arsiparis dan dosen pada Prodi Ilmu Perpustakaan, banyak dari alumni kita sudah mendapat amanah sebagai Kepala Perpustakaan, seperti di Universitas Teuku Umar Meulaboh dan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Terakhir, T Mulkan Safri SIP MIP, dosen tetap Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga dilantik sebagai Sekretaris Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk Periode 2022-2026.

Usai pelantikan, Cut Afrina menyampaikan terima kasih kepada Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Prof Dr Marjoni Imamora MSc, yang sudah mempercayakan dirinya untuk menjadi Ketua Program Studi.

"Mohon dukungan dan masukan dari seluruh rekan-rekan sivitas akademika Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar, agar amanah yang diberikan ini bisa dijalankan dengan baik,"ujar Cut Afrina.

Di bawah kepemimpinannya, Cut Afrina berharap ke depan Program Studi IPII menjadi program studi yang mampu mencetak generasi berintelektual tinggi dan berdaya saing Nasional maupun Internasional dalam bidang ilmu perpustakaan dan mampu mengimplementasikan keilmuannya kepada masyarakat luas.

Untuk diketahui, setelah menyelesaikan sarjana di UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada tahun 2015, Cut Afrina melanjutkan studi magister Ilmu Perpustakaan ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan lulus pada tahun 2017.

Kemudian, pada tahun 2019 mengawali karir sebagai dosen tetap pada Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Selanjutnya, satu tahun kemudian diberi tugas tambahan di Lembaga Penjaminan Mutu UIN Mahmud Yunus Batusangkar, hingga terakhir diberi amanah sebagai Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam kampus tersebut. []