ekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh Syarifuddin MA PhD bersama Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Nazaruddin MLIS PhD

ekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh Syarifuddin MA PhD bersama Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Nazaruddin MLIS PhD

Surabaya (Pendis) --- Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh Syarifuddin MA PhD bersama Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Nazaruddin MLIS PhD melakukan kunjungan ke UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA), Jum'at  (4/11/2022). Rombongan diterima langsung oleh Dekan FAH UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr H Mohammad Kurjum MAg bersama jajaran pimpinan fakultas tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, agenda pertemuan diawali dengan kuliah motivasi bersama mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab oleh Syarifuddin, kemudian dilanjutkan dengan sharing session terkait metode penelitian bidang bahasa dan sastra Arab bagi mahasiswa akhir.

Pada sesi selanjutnya, dilanjutkan dengan temu Dekanat FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan Dekanat FAH UIN Sunan Ampel Surabaya. Berdasarkan keterangan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, pertemuan ini membahas terkait rencana implementasi Memorandum of Agreement (MoA) tentang pertukaran mahasiswa (student exchange), kolaborasi penelitian dosen dan diskusi tentang implementasi MBKM di UINSA terutama dalam bidang pengabdian masyarakat.

"Agenda kunjungan ke UIN Sunan Ampel Surabaya, selain memberikan perkuliahan dan sharing session bersama mahasiswa akhir oleh Dekan Syarifuddin, juga dilakukan pertemuan antar Dekanat,"kata Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Nazaruddin dalam keterangan tertulis, Jum'at (4/11/2022).

Dekan FAH UINSA Mohammad Kurjum menyambut baik kunjungan dari pimpinan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Menurutnya, dalam pertemuan ini banyak hal yang digagas terkait dengan peningkatan mutu di kedua fakultas tersebut dan penerapan MBKM.

"Alhamdulillah, dalam kunjungan tersebut banyak hal yang digagas, termasuk memberi ruang  pertukaran mahasiswa dan dosen ke UIN Ar-Raniry Banda Aceh,"ungkap Mohammad Kurjum.

Lebih lanjut, Mohammad Kurjum menjelaskan bahwa dalam diskusi tersebut juga dibahas rencana riset kolaboratif terkait rencana penggalian manuskrip di wilayah Aceh. Ke depan, kata Kurjum pihaknya juga akan melakukan kunjungan kedua kalinya ke FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk konsultasi terkait rencana pembentukan prodi Ilmu Perpustakaan di UINSA yang telah lama diwacanakan.
 

"Pada tahun 2019 lalu kita juga sudah melalukan studi banding ke FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Selanjutnya kita juga rencana akan mengirim mahasiswa untuk belajar berwirausaha di bidang perkopian,"jelasnya. []