Demi Sekolah, Anak-Anak ini Seberangi Sungai Cibadak

Demi Sekolah, Anak-Anak ini Seberangi Sungai Cibadak

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Siswa SDN Sukamukti 2, Desa Sukamukti, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jabar, bisa bernafas lega. Pasalnya, dalam waktu dekat Pemkab Purwakarta akan membangunkan jembatan di atas Sungai Cibadak.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, untuk sampai ke sekolahnya anak-anak tersebut harus menyebrangi sungai yang lebarnya 25 meter. Karena, rumah mereka berada di seberang sungai itu. Sedangkan, sekolahnya ada di seberang satunya.

"Kalau musim kemarau tak ada masalah. Karena, mereka menyebrangi sungai yang kering," ujar Dedi, Jumat (24/4).

Tapi, bila musim hujan, sungai itu tak bisa dilewati. Sehingga, kegiatan belajar dan mengajar anak-anak tersebut terganggu. Akan tetapi, merujuk pada laporan desa dan sekolah, dalam waktu dekat pemkab akan membangunkan jembatan di wilayah itu.

Dengan begitu, anak-anak tersebut bisa sekolah dengan tenang. Termasuk dalam menghadapi ujian sekolah (US) Mei mendatang.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Sukamukti 2, Yayan Rusyana, ada 33 siswa yang setiap harinya menyebrangi Sungai Cibadak itu. Dengan adanya jembatan ini, maka para siswa tak perlu khawatir dengan arus sungai.

"Bahkan, lima siswa kelas enam yang biasa menyebrangi sungai itu, dipastikan bisa ikut US. Karena, jembatannya akan segera di bangun," jelasnya.


Tags: