Direktur KSKK Madrasah Resmikan
Kantin Digital MAN 1 Tuban

Direktur KSKK Madrasah Resmikan Kantin Digital MAN 1 Tuban

Kab.Tuban(Pendis)--Sungguh luar biasa, Direktur KSKK (Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan) Madrasah Muchammad Sidik Sisdiyanto berkenan meresmikan kantin digital dengan menandatangi prasasti Cafe Manesa MAN 1 Tuban, Sabtu (27/01/2024). 

Direktur KSKK madrasah didampingi oleh Kakanwil Kemenag Jatim, Kabid Penma beserta jajaran, Plt. Kakankemenag Tuban dan Kasi Penma. Sidik sangat mengapresiasi inovasi MAN 1 Tuban ini. "Hal ini bagus sekali mengajarkan kepada anak didik dengan hal-hal yang serba digital, tidak perlu membawa uang cash lagi," kata ia.
Pejabat jebolan IAIN Walisongo Semarang ini berharap dengan adanya kantin digital ini menjadikan anak-anak lebih disiplin dan jujur. 

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Jawa Timur, Sugiono menambahkan di Jawa Timur ada beberapa kantin berkonsep kafe, tapi pembayaran masih belum memakai sistem digital. Menurutnya ini merupakan salah satu langkah untuk menuju digitalisasi madrasah.

Di hubungi secara terpisah, Kepala MAN 1 Tuban, Ahmad Hudan Mabruri Kepala MAN 1 Tuban sangat bersyukur kantin yang awalnya kantin  konvensional bisa di rubah menjadi kantin yang lebih modern. "Berawal ada lima kantin kami jadikan satu menjadi tempat yang lebih memadai, tentunya ada perubahan dari segi tempat, tampilan menu, sajian dll memang berbeda," ujarnya. 

Ia mengaku pihaknya menggandeng beberapa perbankan untuk diajak bersama bersinergi dalam rangka mewujudkan enterpreneurship di MAN 1 Tuban.
"Kami berharap dengan adanya kantin madrasah yang dikelola madrasah sendiri sebagai usaha ini, madrasah tidak bergantung sepenuhnya kepada komite, tapi bisa meringankan beban komite," tukasnya.

Usai melakukan pengguntingan pita, Direktur KSKK Madrasah beserta rombongan juga melihat Ma'had Tarbiyatul Ulum MAN 1 Tuban yang sebenernya sudah ada lama, namun pemanfaatannya berbeda. 

Keluarga besar MAN 1 Tuban berharap Ma'had Tarbiyatul Ulum ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat kedepan. (Lai)