Direktur PAI Kukuhkan 49 Instruktur Nasional PKB GPAI

Direktur PAI Kukuhkan 49 Instruktur Nasional PKB GPAI

Bogor (Pendis) - Direktur Pendidikan Agama Islam, Kementerian Agama, Rohmat Mulyana Sapdi mengukuhkan 49 Instruktur Nasional atau Master Trainer Program Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PKB GPAI) di Bogor, Selasa, 7/7. Pengukuhan ini ditandai dengan penyematan pin dan penyerahan sertifikat instruktur nasional PKB GPAI. Instruktur Nasional PKB GPAI terdiri dari unsur guru dan pengawas PAI yang dinyatakan lulus Training Of Trainer Master Trainer PKB GPAI Angkatan 1 serta mengikuti pelatihan pengembangan.

Sebelum dikukuhkan, peserta telah diberikan penguatan materi Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam seperti Pedagogik, Karya Inovatif, Karya Ilmiah, penguatan Soft skill, serta materi moderasi beragama. Dalam arahannya, Rohmat mengatakan bahwa PKB GPAI merupakan bentuk layanan pemerintah terhadap pengembangan Guru PAI. Program PKB GPAI diharapkan membuat PAI lebih bermakna dan akan melahirkan banyak Guru PAI yang kompeten dan profesional.

Menurut Rohmat, Master Trainer PKB merupakan perpanjangan tangan Direktorat PAI dalam peningkatan kompetensi guru PAI. Mereka disiapkan sebagai pelatih instruktur Provinsi dan instruktur Kabupaten/Kota. Direktorat PAI berkomitmen memperbanyak trainer PKB GPAI, baik Master Trainer, Instruktur Provinsi dan Instruktur Kabupaten/Kota. "Kita akan bangun kekompakan di semua tingkatan", ungkap Rohmat.

Lebih lanjut Rohmat berharap Master Trainer PKB GPAI dapat membangkitkan semangat juang dan jiwa kemandirian bagi guru PAI di semua daerah. "Saya berharap instruktur ini dapat membuat program PKB GPAI dapat lebih berperan dalam menambah profesionalitas Guru PAI", tandasnya. (Sugeng)


Tags: