Direktur PD Pontren : Penguasaan Bahasa Arab pada Pendidikan Pesantren Jalur Formal, Penting dan Perlu

Direktur PD Pontren : Penguasaan Bahasa Arab pada Pendidikan Pesantren Jalur Formal, Penting dan Perlu

Jakarta (Pendis) - Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) Kemenag RI Waryono  didampingi Kasubdit Pendidikan  Diniyah dan Mahad Aly (PDMA)  Aceng Abdul Aziz  dan  Kasie  Kurikulum pada subdit PDMA Ahmad Rusydi  menerima kunjungan delegasi Arabic  Lingual Center (ARLIC) di ruang kerjanya di Kantor Kemenag RI lantai 8 Jakarta (2/11). ARLIC merupakan perwakilan resmi  Markaz al-Lisaan al-Umm (Mother Tongue Center) sebuah lembaga yang bergerak di bidang pengembangan dan pengajaran Bahasa Arab untuk non Arab. 

Dihadapan delegasi ARLIC yang  terdiri dari Habib  Alwi Syahab, Habib Hamid al Qadri, Habib Mujtaba dan Dr. Andy Hadiyanto, MA., Direktur  PD-Pontren Waryono mengatakan menyambut baik keberadaan program pembelajaran bahasa Arab al-lisan al-Umm.

Menurutnya, pembelajaran bahasa  Arab di pesantren,  khususnya pada Pendidikan Diniyah Formal (PDF), Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) Salafiyah dan Ma’had Aly sudah harus diarahkan kepada penguasaan berbahasa  Arab secara aktif, dalam berbicara dan menulis. 

Waryono mengharapkan Alumni Ma’had  ALy  seyogyanya bisa sejajar dengan alumni-alumni perguruan tinggi di dunia Islam umumnya,  dan di Timur Tengah khususnya, karena kemampuannya untuk  mengartikulasikan gagasan-gagasan keberagamaan Islam dalam bahasa Arab. 

“Melalui keterampilan berbahasa Arab secara komunikatif tersebut maka alumni-alumni Pesantren, dalam hal ini PDF, Satuan Pendidikan Muadalah Salafiyah dan Ma’had Ali di Indonesia dapat berperan aktif untuk mengembangkan khazanah keilmuan di dunia Islam, serta dapat memberikan kontribusinya dalam memperkenalkan  keteladanan praktik keberagamaan moderat di Indonesia bagi umat Islam” tutur pria kelahiran Cirebon ini. 

Pertemuan yang berlangsung hangat tersebut diakhiri  dengan kesepakatan bersama antara pihak Kemenag RI dan ARLIC untuk melakukan kerjasama kongkrit dalam peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab di Pesantren,  khususnya di PDF dan SPM Salafiyah melalui serangkaian program pelatihan dan pendampingan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan  buku al-Lisaan al-Umm. (AHAD/Hik)


Tags: