Disaksikan Dirjen Pendis, Nakhoda Baru di MAN Insan Cendekia Dilantik Langsung Sekjen Kemenag RI

Disaksikan Dirjen Pendis, Nakhoda Baru di MAN Insan Cendekia Dilantik Langsung Sekjen Kemenag RI

Pekalongan (Pendis) —  Tiga Kepala Madrasah Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong dan MAN IC Pekalongan dan MAN IC Kendari mendapat nakhoda baru. Dalam pesan sambutan pelantikan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI, Nizar Ali meminta kepada mereka agar selalu menjaga dan tetap harus menorehkan prestasi ditingkat global.

“Manfaatkan amanah dengan sebaik-baiknya, karena MAN IC sudah menorehkan prestasi bukan hanya nasional, tapi internasional. terus kembangkan kualitas, dan kembangkan prestasi, madrasah harus jadi nomor satu," kata Sekjen Kemenag di MAN IC Pekalongan Jumat kemarin (23/4)

Dalam sambutannya, Nizar menjelaskan bahwa proses rotasi dan mutasi dalam organsiasi dalah keniscayaan yang biasa terjadi guna penyegaran serta pengembangan organisasi. "Jabatan kepala madrasah bukanlah warisan, akan tetapi amanah yang diberikan untuk memajukan madrasah," tukas Nizar

Pria asli Jepara ini berharap, berharap kepada para Kepala MAN IC yang dilantik, agar bisa memanfaatkan pengalaman yang dimiliki untuk terus dikembangkan dan terus mempertahankan prestasi yang telah diraih untuk mengembangkan dan menorehkan presetasi. “saya yakin, kepala MAN belakangan ini bisa diandalkan. Jika nanti ada (MAN IC) yang menyusul presatasinya, itu biasa.  Kompetisi kita sejatinya dengan sekolah umum.” papar Nizar.

Nizar melanjutkan, Kemenag akan selalu dukung dalam hal Infrastruktur, SDM, Kurikulum, dan perangkatnya, guna menopang prestasi lebih baik. "Infrastrukturnya sudah memadai jadi namun diseimbangkan dengan soft komponennya," tegas Nizar lagi.

untuk itu, dia melanjutkan, Kemenag memiliki harapan besar kepada kepala MAN IC untuk mengawal madrasah lebih baik lagi. Menurut Nizar, predikat yang baik itu  tidak stagnan, namun harus lebih baik dari tahun-ketahun. “fakta realitas yang bicara, segala upaya ihtiar yang kepala MAN usahakan nanti sangat diharpkan demi prestasi anak didik dan citra Kemenag yang mempunyai madrasah unggulan,” terangnya lagi.

Pembelajaran Tatap Muka

Nizar juga mengatakan, prestasi juga harus diimbangi dengan penanaman karakter serta akhlak yang baik. Menurutnya, perlu adanya pembelajaran tatap muka agar karakter bisa terbentuk peserta didik dengan baik dalam hal keteladanan. untuk itu pembelajaran tatap muka (PTM) menjadi penting.

“ini dimanfaatkan betul, mari kita persiapkan pembelajaran tatap muka supaya anak didik kita bisa menorehkan prestasi dan hidup normal kembali. Tatap muka seperti dalam kitab ta'limul muta'allim, tradisi nya harus di lestarikan,"  kata Nizar.

Maka dari itu, pada Juli nanti agar PTM dipersiapakan dengan baik dan matang sesuai dengan aturan dan dengan mematuhi protokol kesehatan ketat.  “Tolong dipersiapkan dengan baik, sebab pembelajaran online itu punya dampak besar terhadap prestasi,” katanya

Nizar menjelaskan, tatap muka dalam kitab Taklimul Muta’allim itu suatu bagian yang penting juga. jika hanya daring terus nanti murid menghormati komputer,” kelakar Nizar mengakhiri sambutannya.

Sebagaiman diketahui, Kepala MAN IC Serpong yang baru adalah Abdul Basith, yang sebelumnya telah menorehkan beberap prestasi berupa Medali perunggu geografi Kompetisi sains Nasional 2019, 2 medali KSM 2019, 1 medali perak Fisika saat KSM 2020. Pertukaran pelajar Amerika Beasiswa Rusia, Robotik Nasional 2019, Asia Pasifik Scouts di Mongolia dan Korean jambore Korea Selatan saat menjadi Kepala MAN IC Kendari yang saat ini digantikan oleh M Naim.

Sedangkan Kepala MAN IC Pekalongan  Khoirul Anam, pria kelahiran Nganjuk Jawa Timur ini selama menjadi kepala MAN IC Paser Kalimantan Timur telah mencatat 277 prestasi. dengan rincian 96 prestasi penghargaan tingkat Provinsi, 94 tingkat nasional 85 tingkat Kabupaten/Kota dan 2 Tingkat Internasional. Selain ini, selama di MAN IC Paser Anam membekali siswa didiknya dengan pembelajaran kita kuning ala Pesantren.

Turut hadir dalam acara pelantikan, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah, Rektor IAIN Pekalongan beserta seluruh Civitas akademika MAN Cendekia dan IAIN Pekalongan. (YYN/LLA)


Tags: