Dosen UPGRIS Bisa Mengajar di Malaysia

Dosen UPGRIS Bisa Mengajar di Malaysia

SEMARANG (Suara Merdeka)– Dosen Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) berkesempatan mengajar di Malaysia. Peluang itu menyusul penandatanganan naskah kesepahaman antara Ketua Pengarah Institut Pendidikan Guru (IPG) Malaysia Kampus Temenggung Ibrahim Johor Baru, Robiah binti Ahmad PhD dengan Rektor UPGRIS Muhdi, baru-baru ini.

Kedua kampus yang berkonsentrasi mendidik calon guru itu sepakat melakukan kerja sama di bidang akademik. "íIPG adalah PTN di bawah Kementerian Pendidikan Malaysia. Kerja sama ini membawa dampak positif pada kedua belah pihak. Salah satunya adalah pertukaran dosen. Pengajar IPG bisa memberikan kuliah di Indonesia, demikian juga sebaliknya," tutur Robiah binti Ahmad.

Dia mengatakan, kerja sama ini juga mencakup berbagai kegiatan, yang dimulai dengan pertukaran mahasiswa. Nantinya mahasiswa dari dua perguruan tinggi ini saling bertukar praktik mengajar atau praktik pengalaman lapangan (PPL).

Publikasi

Terdapat sejumlah program studi yang bisa menjalankan kegiatan ini, mencakup Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Bimbingan Konseling, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, serta Pendidikan Matematika.

Selain itu, kerja sama juga meliputi pertukaran dosen, penelitian bersama, pertukaran publikasi ilmiah, dan pembimbingan mahasiswa.

Muhdi menjelaskan, pihaknya akan terus meningkatkan kerja sama pendidikan dengan berbagai universitas internasional. Sebelumnya juga telah ditandatangani kerja sama dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

"Ini semata-mata untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan. Nanti para dosen juga bisa saling bertukar mengajar atau melakukan pelatihan singkat. Yang tak kalah penting adalah pertukaran publikasi ilmiah yang bisa diunggah di masing-masing jurnal ilmiah yang dikelola," ujarnya.

Dia menambahkan, dalam beberapa bulan ke depan pihaknya akan melakukan kunjungan balasan ke IPG Malaysia. Kunjungan ini akan dimanfaatkan menemui mahasiswa UPGRIS yang juga sedang melaksanakan PPL di Malaysia. Tidak menutup kemungkinan kampus itu bakal menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi lain yang ada di Malaysia. UPGRIS tengah menjajaki kerja sama dengan fakultas nonkependidikan di UTM, khususnya untuk Fakultas Teknik. (H41-37)


Tags: