Enam Bulan Beroperasi, MAN IC Tanah Laut Mulai Unjuk Prestasi

Enam Bulan Beroperasi, MAN IC Tanah Laut Mulai Unjuk Prestasi

Tanah Laut (Pendis) - Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Tanah Laut baru enam bulan beroperasi, menyelenggarakan proses belajar mengajar. Meski demikian, sejumlah prestasi siswanya mulai mewarnai dunia pendidikan tingkat menengah atas di Kalimantan Selatan.

Tim Karya Ilmiyah Siswa yang terdiri dari Siti Nur Syifa, Muhammad Yoga Wiratama dan Akhmad Rusyadi berhasil menjadi Best Presenter pada ajang nasional Chemical Enginering Education Fair diselenggarakan oleh Universitas Lampung Mangkurat Banjarmasin. Tim yang sama mendapat Juara III Lomba Karya Tulis Ilmiyah Tingkat Nasional di UPI Bandung.

Salah satu siswa MAN IC Tanah Laut, Fathma Fauziyah berhasil menjadi Juara I Lomba Pidato Bahasa Arab pada Festival Kampung Arab se-Kalimantan Selatan yang di gelar oleh IAIN Antasari. Prestasi lainnya, di level nasional dan internasional walaupun belum menempati yang terbaik setidaknya telah masuk pada babak final diantaranya Finalis International Event Debate, Finalis Festival dan Kompetisi Robotik oleh Kemenag RI dan Cerdas Cermat Akuntansi Tingkat Nasional.

Di Kabupaten Tanah Laut sendiri, madrasah yang masih belia ini berhasil menggondol 10 kejuaraan dalam enam bulan terakhir. Diantaranya Juara 1 Lomba Tartil Quran Putra Tingkat SLTA, Juara 1 Lomba Tilawah SLTA, Juara Faforit 1 Lomba Puteri Anggrek dalam Fashion Show, Juara 1 Pawai Muharram se Tanah Laut dan prestasi-prestasi lainnya di bidang keilmuan, seni dan keagamaan.

"Salah satu hal yang ingin di capai oleh MAN IC Tanah Laut adalah para siswanya dapat berpartisipasi pada even-even penting kejuaraan, baik untuk mengasah ilmu pengetahuan dan teknologi, bakat minat dan peran sertanya di masyarakat," kata Hilal Najmi Kepala MAN IC Tanah Laut, Jumat (13/1).

Lebih lanjut dikatakan Hilal, dukungan dan ekspektasi masyarakat dan orang tua sangat tinggi terhadap madrasah ini agar mempunyai keunggulan-keunggulan kompetetif. "Ini yang menjadi pendorong api semangat kami-kami sebagai dewan guru dalam mendampingi para siswa/i yang hebat," tandas Najmi.

Sekretaris PMU MAN Insan Cendekia Kemenag RI, Ruchman Basori mengapresiasi prestasi anak-anak MAN IC Tanah laut. Menurutnya, melejitkan prestasi anak-anak madrasah tidak hanya dipahamim pada capaian akademik dan tingginya angka raport dan ujian nasional, namun juga prestasi-prestasi non akademik lainnya.

"Di samping, tentu saja kemampuan kerjasama, karakter dan kemampuan memecahkan masalah menjadi hal yang penting," katanya.

MAN IC Tanah Laut adalah satu dari 14 MAN IC baru yang didirikan dalam dua tahun terakhir oleh Kementerian Agama RI. Sebelumnya, telah eksis tiga MAN IC di Serpong, Gorontalo, dan Jambi.

Dihadapan siswa/i MAN IC Tanah Laut, Ruchman Basori menekankan pentingnya belajar menulis. Membiasakan menulis harus dilatih sejak dini. Dengan menulis anda semua akan di kenang oleh generasi-generasi setelah kita dalam durasi berabad-abad. "Menulislah, karena hal itu menunjukan bahwa kalian hidup," pesan Ruchman.

MAN IC Tanah Laut di tahun pertamanya ini menerima 80 peserta didik dari seleksi nasional yang diselenggarakan pada PPDB Kementerian Agama. Hilal Najmi berkomitmen terus meningkatkan budaya mutu karena itu menjadi kata kunci agar madrasah kreasi Kementerian Agama ini dapat berkontribusi bagi bangsa ini. (ruchman basori/dod)


Tags: