Euforia Pentas PAI 2015

Euforia Pentas PAI 2015

Jakarta (Pendis) - Mulai hari Senin kemarin tanggal 10 hingga 14 Agustus 2014 ke depan, Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ke-7 Tingkat Nasional Tahun 2015 akan dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Jawa Barat. Acara yang digagas Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama ini mengusung motto "Sportif Berkompetisi, Raih Prestasi, Bumikan PAI."

Amin Haedari selaku Direktur PAI pada Rapat Persiapan Akhir, 6 Agustus 2015 menyampaikan bahwa Pentas PAI tahun ini insya Allah akan lebih solid dalam kebersamaan dan upaya mensukseskannya dengan bercermin dari pengalaman tahun sebelumnya (2013).
 
Pentas PAI diselenggarakan sebagai implementasi Peraturan Dirjen Pendidikan Islam No. Dj.I/12A Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler PAI di Sekolah. Pentas PAI merupakan wahana kompetisi siswa di bidang ketrampilan dan seni PAI yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, gugus, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional. Tujuan Pentas PAI sendiri antara lain untuk menumbuhkembangkan minat, bakat dan kreativitas di bidang ketrampilan dan seni PAI, juga menanamkan sikap keberanian, kemandirian dan sportivitas siswa.

Pentas PAI VII kali ini akan diikuti oleh siswa SD, SMP, SMA dan SMK dari 33 provinsi di seluruh wilayah Indonesia dengan total peserta 1287 orang, panitia pusat 200, para Kepala Bidang PAI/Kasi seluruh provinsi di Indonesia 70 orang, penggembira 1000 orang dan tokoh masyarakat 500 orang. Adapun jenis mata lomba yang dikompetisikan antara lain untuk tingkat SD dan SMP yakni Musabaqoh Tilawatil Qur`an (MTQ), Lomba Pidato PAI, Musabaqoh Hifzhul Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI, dan Lomba Kaligrafi Islam untuk Tingkat SMA/SMK: Lomba Nasyid, Lomba Debat PAI dan Lomba Kreasi Busana.

Untuk agenda acara hari Senin, 10 Agustus 2015 akan dilakukan registrasi peserta atau para kafilah dari 33 provinsi, technical meeting panitia dan gladi resik. Acara pembukaan Pentas PAI sendiri akan dilaksanakan Selasa, 11 Agustus 2015 secara resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin.

Sebagai acara sela pada momen ini, rencananya juga akan dilaksanakan Rakor Kepala Bidang PAI dalam rangka Evaluasi Pentas PAI juga sarasehan bersama Mantan Menteri Pendidikan M. Nuh dan Malik Fajar di Hotel Amarossa Bekasi.

Salam Sukses Pentas PAI 2015!

(wikan/dod)


Tags: