Dekan Fisip Muji Mulia menyerahkan cinderamata kepada Sekda Aceh Jaya T Reza Fahlevi

Dekan Fisip Muji Mulia menyerahkan cinderamata kepada Sekda Aceh Jaya T Reza Fahlevi

Banda Aceh (Pendis) --- Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Muji Mulia, bertemu dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, Teuku Reza Fahlevi, di Aula Kantor Bupati setempat, Kamis (14/3/2024).

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas rencana pengembangan kerja sama dan menjalin kemitraan dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dekan FISIP UIN Ar-Raniry didampingi oleh Wakil Dekan I, Eka Januar, Wakil Dekan III, Reza Idria dan Ketua Gugus Jaminan Mutu FISIP Amirul Kamal. Sementara itu, perwakilan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya yang hadir yakni Sekretaris Dinas Pendidikan Baihaqi, Cabdin Tarmizi dan Minzar (DPMTSP).

Dekan FISIP UIN Ar-Raniry, Muji Mulia menyatakan bahwa FISIP berkomitmen untuk tidak hanya berdiri di menara gading keilmuan, tetapi juga akan melibatkan civitas akademika dalam pemberdayaan masyarakat secara langsung. Oleh karena itu, FISIP siap berkolaborasi membangun mitra kerja sama dengan pemerintah kabupaten Aceh Jaya, bertujuan untuk menjalin hubungan kelembagaan dan saling memanfaatkan kemampuan sumber daya yang dimiliki dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Wujud dari kerja sama ini, ke depan, kita akan mengirimkan peserta KPM tematik, khusus menangani penataan administrasi gampong, serta strategi politik agar dana desa bisa terserap dan tepat sasaran. Selanjutnya, di bidang pendidikan, FISIP juga memberikan kesempatan kepada siswa kelas 3 untuk melanjutkan studi di FISIP,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dekan Muji menyatakan, ada beberapa prinsip kerja sama yang harus dipegang teguh oleh kedua pihak, yaitu kepercayaan (trust), tanggung jawab (responsibility), keterbukaan (transparency), dan keterpaduan (collaboration). Kita mengharapkan kerja sama ini berjalan lancar dan memberikan manfaat serta saling menguntungkan bagi kedua pihak (mutualisme simbiosis).

Sementara itu, Sekda Aceh Jaya, Teuku Reza Fahlevi, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan FISIP UIN Ar-Raniry atas kunjungan ke Pemkab Aceh Jaya untuk melakukan kolaborasi kerja sama. 

“Kehadiran kampus untuk memberdayakan masyarakat memang merupakan harapan kita semua. Kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di Aceh Jaya, dapat dilakukan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan juga pengabdian,” kata Sekda.

Lebih lanjut, Reza Fahlevi mengatakan bahwa ketiga bidang tersebut diyakini akan dapat dijalankan dengan baik oleh kampus seperti UIN Ar-Raniry Banda Aceh. []