Generasi Mendatang Harus Lebih Baik

Generasi Mendatang Harus Lebih Baik

DEPOK (KR) - Wakil Presiden (Wapres) Boediono mengingatkan, tugas komunitas pendidikan adalah menyiapkan generasi untuk menggantikan generasi sekarang. Bangsa ini, kata Wapres, menjadi maju apabila amanah yang diberikan setiap bangsa kepada komunitas pendidikan dapat diemban dengan baik.
"Generasi mendatang harus lebih baik dari generasi sekarang. Kalau berhasil pahalanya luar biasa. Tugas mendidik adalah tugas generasi secara keseluruhan setiap anggota generasi sekarang. Sehari-hari yang dipercaya melaksanakan tugas dan tanggung jawab ada pada komunitas pendidikan yaitu para guru dan para pejabat yang mengelola pendidikan," katanya saat memberikan pengarahan kepada peserta Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbangtendik Kemdikbud), Bojongsari Depok, Jawa Barat, Selasa (28/2).
Wapres menyebutkan, tiga dalil syarat kemajuan suatu bangsa yakni sumber daya manusia yang berkualitas, generasi pengganti yang lebih baik dari generasi yang diganti serta pentingnya pendidikan dan kesehatan. "Sebanyak 20 persen anggaran negara sudah disisihkan untuk generasi mendatang. Jangan dikutik-kutik, jangan dibocor-bocorkan, gunakan sebaik-baiknya untuk melaksanakan tugas sejarah menyiapkan generasi mendatang yang lebih baik dan lebih siap menghadapi tantangan zaman," katanya.
Wapres menambahkan, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bertujuan meringankan beban biaya para peserta didik. Kesempatan untuk mendapatkan pendidikan sesuai amanah konstitusi juga semakin luas. "Kalau masih dibebankan kepada murid itu salah. Ujian terakhir dari sukses tidaknya program BOS adalah apakah beban murid bertambah, tetap atau berkurang," katanya.
Pada sisi lain, Wapres menyampaikan, pemerintah telah menyisihkan dana untuk pembangunan fasilitas pendidikan yaitu program perbaikan ruang kelas rusak dan rusak berat. (Ati)-s


Tags: