Guru Diharapkan Dorong Prestasi Siswa

Guru Diharapkan Dorong Prestasi Siswa

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT, SUMUT - Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu meminta guru-guru di daerahnya terus mendorong prestasi siswa agar pendidikan di Langkat semakin maju dan berkembang. "Bila guru mampu meraih keunggulan yang terukur, maka para siswa juga akan terpacu untuk berprestasi," katanya ketika berbicara di hadapan ratusan kepala sekolah di Stabat, Langkat, Rabu (16/2).

Menurut dia, guru yang baik harus memahami masalah pendidikan dan sosial serta mampu menghidupkan suasana belajar-mengajar melalui jalinan komunikasi dengan para anak didik. Selain itu, guru juga diharapkan profesional, paham dengan materi yang diberikan, dan harus beretika dengan menjadi teladan melalui akhlak yang mulia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Langkat Syam Sumarno menyebutkan, di daerahnya terdapat sebanyak 880 sekolah, dimana kemampuan akademis para gurunya cenderung masih membutuhkan peningkatan. "Kita juga masih melihat tingkat disiplin PNS yang rendah dan perlu ditingkatkan. Akan ada evaluasi terhadap para kepala sekolah dan guru yang akan dilakukan secara menyeluruh agar ada peningkatan dalam mengelola pendidikan dan juga prestasi siswa," katanya.


Tags: