Guru PAI Sekolah Dasar diasah Kemampuan Pedagogik Melalui PPKB

Guru PAI Sekolah Dasar diasah Kemampuan Pedagogik Melalui PPKB

Serpong (Pendis)-Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Rohmat Mulyana Sapdi membuka kegiatan Peningkatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru PAI tingkat Sekolah Dasar (SD) Angkatan ke-2 di Serpong, 17 September 2019.

Dalam sambutannya, Direktur PAI menghimbau agar Guru PAI meningkatkan profesionalitasnya melalui PPKB yang menjadi program Direktorat PAI sejak tahun 2018, "Tujuan dari PPKB adalah untuk pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan," kata Rohmat.

Selain tadi, ia menjelaskan bahwa kompetensi itu berkaitan dengan empat hal. Pertama intelektualitas khususnya intelektualitas spiritual. Kedua, profesionalitas yang dideskripsikan dengan ekspertis, menjadi yang terbaik dan selalu menjunjung kode etik. Ketiga, Guru PAI harus memiliki komitmen yang kuat dalam hal mengabdi sebagai pegawai yang bertanggung jawab. "Keempat adalah kinerja. Kinerja yang baik ditinjau dari efektivitas, efisiensi dan produktivitas yang diukur secara kuantitas dan kualitas," ujarnya.

Kepala Subdit PAI SD/SDLB Ilham dalam laporannya mengatakan bahwa PPKB untuk GPAI SD ada lima angkatan yang diselenggarakan pada tahun 2019 untuk lima zona daerah yakni zona Sumatera, Jawa dan Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia Timur. PPKB dengan tagline: Jelas Profilnya,Tepat Pelatihannya, diharapkan bisa menjadi solusi buat GPAI untuk lebih profesional.

Selaku narasumber kegiatan, Achmad Hasyim menyatakan bahwa fokus PPKB sekarang adalah di bidang Paedagogik 2 yang meliputi segala hal terkait model pembelajaran. Di dalamnya ada konsep pembelajaran, pembelajaran HOTS, analisis KI/KD, teknik dan strategi pembelajaran, sintak, lembar kerja dan praktek pembelajaran.(Wikan/Imam/Solla)


Tags: