Guru PLPG Tak Diikutkan ToT Kurikulum 2013

Guru PLPG Tak Diikutkan ToT Kurikulum 2013

SOLO, suaramerdeka.com - Guru yang sudah mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tidak lagi dijadikan target pelatihan training of trainer (TOT) Kurikulum 2013 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

"Pasalnya, dalam pelaksanaan PLPG tahun ini peserta sudah diberikan materi terkait penerapan Kurikulum 2013," kata Sekretaris Panitia PLPG Rayon 113 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Sajidan.

Dikatakan sesuai arahan dari Kemdikbud, guru yang sudah ikut PLPG agar tidak menjadi sasaran pelatihan Kurikulum 2013. Dia menuturkan, pelaksanaan PLPG tahun ini selain sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru juga sebagai wahana sosialisasi Kurikulum 2013. Selain itu, model-model di PLPG sudah disiapkan sedemikian rupa sebagai implementasi Kurikulum 2013.

Sementara itu, peserta diberikan materi selama 90 jam yang meliputi materi kebijakan pengembangan kompetensi guru (KPPG), materi informasi Kurikulum 2013, pendalaman materi bidang studi dan strategi pembelajaran dengan memperhatikan Kurikulum 2013, materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta workshop pengembangan dan pengemasan perangkat pembelajaran.

“Targetnya peserta mampu memahami Kurikulum 2013 dengan benar dan mengimplementasikannya,” papar Sajidan yang juga menjabat sebagai Pembantu Dekan (PD) I Bidang Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS tersebut.


Tags: