Koordinasi Nasional Program PPG

Koordinasi Nasional Program PPG

Kediri (Pendis) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri turut mensukseskan kegiatan Koordinasi Nasional Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan untuk wilayah Zona Tengah.

Acara yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah ini dilaksanakan di Kota Kediri selama tiga hari yang berakhir, Rabu (17/11/2021).

Program ini dilaksanakan untuk memberdayakan potensi yang dimiliki oleh guru madrasah. Dosen IAIN Kediri yang juga merupakan peserta kegiatan, Fathor Rasyid, mengatakan, madrasah merupakan komponen kunci dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

"Kita memang perlu koordinasi berskala nasional, mengingat selama ini program Pendidikan Islam prioritas GTK madrasah masih sebatas output bukan outcome," tandasnya. 

Acara ini juga membahas evaluasi pelaksanaan program PPG Dalam Jabatan dan sosialisasi beberapa kebijakan lain yang relevan.

Fathor melanjutnya, salah satu rangkaian acara Koordinasi Nasional ini adalah city tour, rombongan peserta menjelajahi kota Kediri menggunakan minibus dan mobil HiAce yang telah disiapkan oleh IAIN Kediri. “Ini merupakan dukungan dari IAIN Kediri, salah satunya dengan membantu menyediakan transportasi,” katanya.

Sebagai satu-satunya institusi negeri di Kota Kediri yang juga membuka program PPG, IAIN Kediri menyiapkan beberapa kendaraan bagi para panitia dan peserta berupa minibus dan beberapa mobil lainnya sebagai alat transportasi dalam dan luar kota.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 15-17 November 2021 ini, dihadiri oleh 65 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, dan dihadiri langsung Direktur GTK Madrasah serta Kepala Seksi Bina Guru MI dan MTs. (ZL)