IAIN Kendari akan Pamerkan Drone Sains Rancangan Sendiri di IIEE 2017

IAIN Kendari akan Pamerkan Drone Sains Rancangan Sendiri di IIEE 2017

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama akan memamerkan sejumlah capaian dan layanan dalam bidang pendidikan Islam pada International Islamic Education Expo (IIEE) di ICE BSD Serpong Tangerang. Salah satunya adalah memamerkan Drone Sains untuk meningkatkan kompetensi keilmuan sains oleh IAIN Kendari.

Kepala Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Kendari, Khaeroni mengatakan tujuan pembuatan drone sains adalah untuk meningkatkan kompetensi keilmuan terapan bagi mahasiswa di bidang sains dengan memadukan beberapa bidang ilmu sains yaitu matematika terapan, matematika komputasi, matematika fisika. Dron sains rancangan IAIN Kendari bisa disaksikan di arena IIEE pada tanggal 21 s/d 24 November 2017.

Lebih lanjut Khaeroni memaparkan drone sains dibuat dengan spesifikasi, daya jelajah dari titik pengguna kira-kira 2,1 KM dan daya angkat bisa mencapai kurang lebih 200 meter dan itu (tergantung berat dari bahan rangka, dll). Bahan rangka menggunakan batang alumunium dan beberapa rangkaian hardware yang di rakit oleh mahasiswa IAIN Kendari dan dibimbing langsung oleh dosen IAIN Kendari.

Kedepannya kata Alumni UIN Sunan kalijaga ini, drone ini bisa dikembangkan lagi dengan menambahkan spesifikasi seperti Global Positioning System (GPS), pemasangan bodi, dan lain-lain.

Dengan bangga Khaeroni menegaskan selain drone sains, mahasiswa IAIN Kendari sedang merancang pembuatan robot pencari jejak, pendeteksi suhu dan lain-lain yang akan menjadi keunggulan dan daya tarik bagi jurusan MIPA IAIN Kendari

Selain menampilkan drone sains, IAIN Kendari juga akan menampilkan layanan teknologi informasi pada setiap jenis layanan kampus, baik akademik maupun non akademik dalam rangka menjembatani kepentingan civitas akademika terhadap akses informasi yang lebih cepat, mudah dan berbasis online.

Diakui oleh Khaeoni, hampir semua layanan di IAIN Kendari kini baik mahasiswa, dosen maupun karyawan tidak lagi menggunakan layanan manual. Mulai dari proses pendaftaran mahasiswa baru, penawaran, roster, pendaftaran kegiatan akademik PPL, KKN dan kegiatan lainnya menggunakan aplikasi https://sia.iainkendari.ac.id.

Begitupula untuk keperluan dosen terkait roster, absensi sampai pada pemberian nilai seluruhnya berbasis aplikasi. Sedangkan untuk kepentingan BKD, kenaikan pangkat, persuratan, berbasis aplikasi http://simadu.iainkendari.ac.id. Aplikasi ini juga diakses oleh karyawan baik untuk pelaksanaan kegiatan sampai pada pelaporan semuanya tercover melalui website.

Penangungjawab Pameran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Ruchman Basori mengatakan penemuan drone sains akan banyak memberikan manfaat bagi pengembangan sains pada kampus PTKI. Masyarakat dunia harus tahu bahwa kini PTKI tidak saja melahirkan ahli agama namun juga ahli sains dan teknologi yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Ruchman menambahkan berbagai karya inovasi mahasiswa, dosen dan peneliti PTKI akan dipamerkan di Pavilyun PTKI di International Islamic Education Expo (IIEE). Ada klinik jurnal, klinik HAKI PTKI, Klinik Kesehatan dan Psikologi dari UIN Malang, Kincir Angin temuan dari Mahasiswa IAIN Palangkaraya dan lain-lain.(@viva_tnu/dod)


Tags: