IAIN SAS Bangka Belitung jadi Tuan Rumah Pada Gelaran Expo Kemandirian Santri

IAIN SAS Bangka Belitung jadi Tuan Rumah Pada Gelaran Expo Kemandirian Santri

Bangka,(Pendis).  Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menjadi tuan rumah  pada Gelaran Expo Kemandirian Santri bertempat di Aula Gedung Serba Guna IAIN SAS Babel.

Menyambut Hari Santri Nasional (HSN ) Se-Babel tahun 2023 IAIN SAS Babel bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Bangka Belitung yang berlangsung  Rabu -Jumat tanggal 18-20 Oktober 2023

Hari Santri Nasional 2023 ini mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” dimeriahkan oleh beberapa Pondok Pesantren Se-Babel diantaranya dari 13 Pondok Pesantren AIAI Sungaiselan, Ponpes Bahrul Huda Sarang Mandi  , Ponpes Ta’Alimul Muta’alim Jebus, Ponpes Ma’had Tahfidzul Quran Darul Iman Kimak, Ponpes Bahrul Ulum Sungailiat, Ponpes Yauasan Bumi Damai Assyah Pangkalpinang, Ponpes Nurul Falah Mesu, Ponpes Nurul Quran Sidoharjo Air Gegas, Ponpes Darul Abror Kace,Ponpes Darul Fattah, Ponpes At- Toybah Balunijuk, Ponpes Al- Islam Kemuja dan Ponpes l Muhajirin Koba,  Karya-karya yang dipamerkan antara lain: Produk-produk olahan makanan dan minuman, hasil pertanian perikanan, peternakan, tanaman hias, dan pakaian

Wakil Rektor I Hatamar berharap, expo kemandirian santri dapat menginspirasi masyarakat luas untuk berkarya membangun bangsa dan negara Indonesia dan Ini juga bisa menjadi sarana pesantren untuk belajar praktek usaha dari dunia usaha.

Lebih dari itu, forum ini juga bisa menjadi sarana dunia usaha untuk lebih mengenal Pesantren,Ia menambahkan seiring penguatan SDM pesantren, kepercayaan dunia usaha juga makin terbuka Terangnya.

Kepala Kanwil Kemenag Babel Drs.H.Tumiran Genefo,M.H yang di wakili oleh Kabid Papkis Kanwil Kemenag Babel, Drs. H. Nasution. M.Pd.I “Poin penting dari kegiatan ini adalah adanya kegiatan expo yang merupakan kegiatan utama pada hari santri kali ini, karna pada kegiatan itu santri-santri yang mendapatkan bantuan dana inkubasi untuk kemandirian pesantren akan di undang untuk membawa produk mereka dari Pondok Pesantren dan akan di pamerkan di IAIN SAS Babel Ujarnya.

Peserta Expo adalah Pondok Pesatren di lingkup Bangka Belitung yang menerima inkubasi dari kementarian Agama dalam rangka menggugah kemandirian Pondok Pesantren. “Alhamdulillah, dengan support dari Kementerian Agama, pagelaran/expo kemandirian Santri, meskipun baru pertama kali dapat berlangsung meriah.

Peserta antusias mengkuti terbukti banyak sekali produk hasil karya para santri yang di pamerkan, baru dibuka-pun pengunjung sudah ramai,” ungkap Nasution. Acara ini juga dapat mendekatkan Pesantren dengan kampus IAIN SAS Babel, imbuhnya.

Dies Natalis dan Pembukaan Kegiatan Kemandirian Pesantren Expo di Hadiri Oleh Pj Gubernur Babel Di wakili Oleh Ervawi, Wakil Rektor III, Para Dekan,Plt.Kepala Biro AUAK, Dosen dan Mahasiswa serta Para Pejabat Pemerintah .(*)