Logo PKM III

Logo PKM III

Bangka,(Pendis). Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (IAIN SAS Babel) siap berlaga dan Berprestasi di Ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Se-Sumatera dan Perguruan Tinggi Islam (PTI) Se-Asia Tenggara di UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi.

Adapun pelaksanaan PKM III PTKIN Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara ini akan dilangsung melalui dua tahapan yakni tahap lomba secara daring/hybrid dan secara luring dan tahap finalnya dengan cara luring hadir ke Jambi yang akan di laksanakan tanggal 24 s/d 29 Juli 2023 mendatang.

PKM III mengusung tema “Kembangkan Talenta Mahasiswa, Junjung Sportivitas, Raih Prestasi dan Rekognisi”. Mempertandingkan 33 cabang lomba yang meliputi 22 cabang olahraga, 10 cabang ilmiah dan 11 cabang seni.

Wakil Rektor III, Dr.H.Muh. Misdar, M.Ag menyampaikan bahwa IAIN SAS Babel siap mendukung dan menyukseskan kegiatan PKM 2023 dan dalam pelaksanaan PKM terdapat 30 orang perwakilan yang sudah diseleksi dari seluruh fakultas di IAIN SAS Bangka Belitung.

“PKM ini selain menjadi wadah untuk silaturahmi antar perguruan tinggi, juga melatih mahasiswa supaya sportif meraih prestasi hingga mendapatkan rekognisi tidak hanya di kampus Se- Sumatera, namun Se-Asia Tenggara,” ujarnya, Kamis (20/07)

Ia mengatakan Kontingen ini siap berlaga dalam serangkaian perlombaan (kompetisi/ kejuaraan) di bidang ilmiah, olahraga, dan seni dan menyiapkan tim kontingen dengan sebaik-baiknya.

“Kami bersama dengan tim di bidang kemahasiswaan telah melakukan seleksi untuk peserta atau atlet yang akan mengikuti lomba tersebut,” dan berharap para tim IAIN SAS Babel ini dapat berprestasi dan membawa nama baik almamater lanjutnya.

Cabang lomba yang diikuti  IAIN SAS Babel diantaranya : Debat Bahasa Arab, Debat Konstitusi., Tenis Meja Putra / Putri., Catur Klasik Tunggal Putra / Putri., Catur Cepat Tunggal Putra.,  Pencak Silat Tunggal Putra / Putri., Karate Tunggal Putra / Putri., Bulu tangkis Tunggal Putra/Ganda Putra ., Panjat Dinding Lead Putri., Fildama Putra / Putri., Kaligrafi Kontemporer Putri., Kaligrafi Dekorasi Putra .,Kaligrafi Naskah Putri ., MQH 10 Juz Putri., Story Telling Putri., Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) dan  Musabaqah Karya Tulis Quran (MKTQ) (*)