“Program KPM ini bersinergi dengan kebutuhan desa, yaitu SIGAP yang menjadi tempat infomasinya gampong,”

“Program KPM ini bersinergi dengan kebutuhan desa, yaitu SIGAP yang menjadi tempat infomasinya gampong,”

Banda Aceh (Pendis) – Program Studi Ilmu Administrasi Negara (IAN) FISIP UIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerjasama dengan Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar akan segera melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tematik di sejumlah gampong binaan.

“Program KPM ini bersinergi dengan kebutuhan desa, yaitu SIGAP yang menjadi tempat infomasinya gampong,” kata Drs Wardana MSi, Kepala Bidang Pengembangan Kawasan, Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Gampong DPMG Aceh yang hadir mewakili kepala dinas.

Hal itu disampaikannnya pada pertemuan antara DPMG, Pemkab Aceh Basar dan Prodi IAN FISIP UIN Ar-Raniry yang berlangsung di Kantor Camat Darul Imarah Aceh Besar.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Helmi Iskanda SSos MSi, kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi dan Kerjasama Gampong DPMG Aceh.

Sementara dari Pemkab Aceh Besar dihadiri oleh Sekda Drs Sulaimi Msi, Kepala DMPG Aceh BEsar Carbaini SAg, Camat Darul Imarah Muhammad Basir SSTP MSi dan perwakilan keuchik dari 21 gampong di Kabupaten Aceh Besar.

Dari Prodi IAN FISIP UIN Ar-Raniry Banda Aceh hadir Muazzinah MPA, Ketua GJM Dr Said Amirulkamar, dan Cut Zamharira MPA dari perwakilan dosen.

“Pertemuan ini sifatnya sudah membahas teknis pelaksanaan KPM Tematik hasil kerjasama antara IAN FISIP UIN AR Raniry, Pemerintah Aceh dan Pemkab Aceh Besar,” sebutnya.

Lebih kanjut Wardana mengatakan, penting sekali melihat dunia digitalisasi yang hari ini semakin berkembang. “Untuk itu pembenahan data secera digital harus bermula dari gampong karena dari situlah data bermula dan akan digunakan hingga ke tingkat nasional,” ujarnya.

Sekdakab Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi mengatakan, KPM ini sangat penting untuk membantu pembenahan  data di gampong secara digitalisasi.

Ketua Prodi IAN FISIP UIN Ar-Raniry Banda Aceh Muazzinah MPA mengatakan, KPM Tematik ini berkaitan dengan ranah ilmu yang ada pada Program Studi Ilmu Administrasi Negara, seperti terdapatnya mata kuliah Yata Kelola Kelembagaan Gampong, kemudian Digital Governance dan lainnya sehingga mahasiswa dapat mempraktekkan langsung ilmu yang selama ini didapatkan.

Adapun Gampong yang akan menjadi tempat mahasiswa Prodi IAN FISIP UIN Ar Raniry Banda Aceh adalah Gampong Garot, Gampong Gajah, Gampong Geundrieng, Gampong  Ajun Jeumpet, Gampong Lampasi Engking, dan Gampong Leu Ue.
Selanjutnya Gampong Punie, Gampong Ulee Lueng, Gampong Ulee Tuy, Gampong Darol Kameu, Gampong Lambheu, Gampong Tingkeum, Gampong Bayu, GampongLagang, dan Gampong  Lam Cot.

Lalu Gampong  Lamkawee, Gampong  Lambang Manyang, dan Gampong  Lamblang Trieng, Lampeuneuret, Gampong  Lampeuneuret Blang dan Gampong  Lamreung.