Ini Dia, Juara MYRES 2019

Ini Dia, Juara MYRES 2019

Manado Pendis) Pemenang lomba Madrasah Young Researchers Super Camp 2019 (MYRES) atau peneliti muda tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berlangsung di IAIN Manado telah diumumkan di Hotel Aston Manado, Rabu malam(18/9).

"Selamat buat prestasi yang berhasil dicapai, dan kepada yang belum berhasil, tetap semangat Ini adalah kesuksesan yang tertunda, belajar yang giat dan selanjutnya pasti andalah pemenang berikutnya,"ucap Direktur KSKK Ahmad Umar saat menghadiri pengumuman juara.

Kata Umar bahwa KSM tahun 2020 akan dilaksanakan di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, karenanya kepada peserta yang belum berhasil, teta berjiwa besar dan siap berkompetisi pada ajang berikutnya.

Disampaikan Kasubdit Kesiswaan Nanik Pujiastuti menyampaikan pada event peneliti muda madrasah tsanawiyah dan aliyah se-Indonesia ini, Jawa Timur berhasil menorehkan prestasi gemilang dan membanggakan. Jawa Timur berhasil merebut gelar sebagai juara umum MYReS 2019.

MTs Negeri 1 Kota Malang, Provinsi Jawa Timur tampil sebagai juara satu peneliti muda berbakat tingkat nasional di Manado Sulawesi Utara tahun 2019 dengan total nilai 95. Para peneliti muda ini mengangkat judul Magic Pen For Disabled Children atau Inovasi Pulpen Gel Berbasis Larutan Elektrolik Sebagai Pengganti Kabel Dalam Pembelajaran IPA Untuk Anak Tunadaksa.

Selanjutnya dengan selisih dua poin saja yakni 93 adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan judul penelitian Pendeteksi Patok Negara Otomatis Untuk Mempermudah Pengawasan Wilayah Indonesia berada di peringkat kedua.
Sedangkan juara ketiga diraih MTs Negeri 1 Kabupaten Malang Jawa Timur dengan meraih poin 90 atau terpaut tiga angka dibawah MTs Negeri 6 Sleman. Para peneliti muda ini mengangkat judul Pengaruh Katalis Pada Pengolahan Sampah Plastik Menjadi BBM.

Untuk kategori ilmu sosial dan humaniora tingkat MTs diraih Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sidoarjo Jawa Timur Juara satu, disusul MTs Negeri 2 Kediri Jawa Timur diposisi kedua dan peringkat ketiga MTs Negeri 1 Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan untuk bidang sainstek dan keagamaan tingkat Madrasah Tsanawiyah ditempati MTs Negeri Model Jakarta, posisi kedua diraih MTs Negeri Kota Pasuruan Jawa Timur dan juru kunci MTs Negeri 1 Malang Jawa Timur dan Pemenang Expo Madrasah Tingkat MTs adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jakarta Selatan.

Menurut Nanik para juara tersebut berhak atas piala tetap, medali dan uang pembinaan masing-masing tiga juta rupiah untuk juara 1, 2.5 juta rupiah untuk juara kedua dan 2 juta rupiah untuk juara ketiga. (Hikmah)

Berikut para juara MYRES 2019 ;
Juara MYRES bidang Sainstek MTs:
1. MTsN 1 kota Malang
2. MTs N Sleman
3. MTs N 1 Kab Malang

Juara Myres bidang keagamaan MTs:
1 MTs N 7 Model Jakarta
2 MTsN 1 Kota Pasuruan
3. MTs N kab Malang

Juara Myres bidang sosial humaniora MTs:
1. MTsN 4 sidoarjo
2. MTs N 2 Kota kediri
3. MTsN 1 Kab malang

Juara Myres bidang saintek MA:
1.MAN 1 Yogyakarta
2.MAN IC Gorontalo
3.MAN 2 Kudus

Juara Myres bidang Keagamaan MA:
1.MA Darus Salam Ciamis
2.MAN 3 Palembang
3.MAN 1 Banda Aceh

Juara Myres bidang sosial humaniora MA:
1.MAN 1 Tanah laut Kelsel
2.MAN 1 Kota Kendari
3.MAN IC Jambi

Juara Ekspo Myres :
1.MTsN 3 Jakarta Selatan
2.MAN 1 Banyuwangi


Tags: