Ini Peringkat PTKIN Versi Webometrics per Juli 2016

Ini Peringkat PTKIN Versi Webometrics per Juli 2016

Jakarta (Pendis) - Webometrics adalah adalah penilaian perguruan tinggi seluruh dunia berdasar website kampus tersebut. Webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 22 ribu perguruan tinggi seluruh dunia. Pemberian nilai itu diberikan oleh lembaga penelitian terbesar di Spanyol, Cybermetrics Lab. Update hasil pemeringkatan dirilis setiap bulan Januari dan Juli.

Terdapat empat indikator dalam penilaian/pemeringkatan webometrics; Presence (20%), Impact (50%), Openness (20%) dan Excellence (10%).

Pertama, presence adalah jumlah halaman website yang terekam pada mesin pencari Google. Kedua, impact, merupakan jumlah eksternal link yang diterima oleh domain web perguruan tinggi yang terekam Google. Ketiga, openness yang merupakan jumlah file dokumen Adobe Acrobat), Adobe PostScript, Microsoft Word dan Microsoft Powerpoint yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh search engine (Google Scholar). Dan keempat, excellence yaitu jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks di Google Scholar.

Manfaat webometrics adalah mengetahui peringkat kampus di seluruh dunia, menjadi acuan untuk penilaian sebuah kampus, dan sebagai sarana promosi bagi kampus terkait. Sedangkan tujuannya adalah mempromosikan publikasi web (portal), mendukung inisiatif open access, serta mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.

Jumlah Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dibawah Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI berjumlah 55 (lima puluh lima) institusi. Namun menurut webometrics, hanya 16 (enam belas) atau 30% saja yang masuk daftar penilaian per bulan Juli 2016. Sedangkan kampus di Indonesia yang diperingkatkan ada 480 (empat ratus delapan puluh) kampus, dimana PTKIN sudah termasuk di dalamnya.

Rangking PTKIN dibanding dengan peringkat kampus di Indonesia dan dunia menurut Webometrics dapat dilihat pada link berikut :
Rangking PTKIN menurut Webometrics 2016

(@viva_tnu/dod)


Tags: