<i>Seventh</i> PIONIR 2015 Tingkatkan Prestasi Mahasiswa PTKI se-Indonesia

<i>Seventh</i> PIONIR 2015 Tingkatkan Prestasi Mahasiswa PTKI se-Indonesia

Jakarta (Pendis) - Pekan Ilmiah Seni Olahraga dan Riset (PIONIR) ke-tujuh Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI di Palu Sulawesi Tengah akan dilaksanakan pada tanggal 18-24 Mei 2015. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan prestasi di bidang ilmiah, olahraga dan seni budaya mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) seluruh Indonesia. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://pionir.iainpalu.ac.id/.

"PIONIR sebagai sarana mendidik generasi muda Islam menjadi anak bangsa yang Insan Kamil (sempurna) dalam tiga unsur yakni intelektual, fisik dan rasa. Seventh PIONIR merupakan multievent dua tahun sekali diharapkan akan semarak dan mampu meningkatkan prestasi mahasiswa PTKI," ujar Direktur Pendidikan Tinggi Islam Amsal Bachtiar dalam sambutannya di Press Conference PIONIR ke-7 di kantor Kementerian Agama RI (14/5/15).

Peserta PIONIR tidak kurang dari 3000 (tiga ribu) orang peserta dari mahasiswa PTKI. Dihadiri lebih kurang 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan partisipasi PTKI yang lain. Untuk itu telah disiapkan medali sebanyak 159 buah, dengan perincian masing-masing 53 medali emas 53, medali perak 53, dan medali perunggu 53 buah. Peserta juara I, II dan III akan diberikan bantuan prestasi akademik dari Kementerian Agama RI, berupa pembinaan guna meringankan biaya kuliah pada mahasiswa berprestasi tersebut.

PIONIR diselenggarakan dua tahun sekali oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Pembinaan keilmuan guna mencetak mahasiswa unggul dalam bidang intelektual, seni dan olahraga. Dengan tujuan peningkatan tiga bidang tersebut maka akan diselenggarakan total 13 (tiga belas) cabang perlombaan. Untuk bidang olahraga dengan cabang diantaranya 8 (delapan) cabang, seni dengan 4 (empat) cabang dan riset 1 (satu) cabang.

Diharapkan kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Bapak Menteri Agama, Pejabat Eselon I dan II, acara pembukaan dijadwalkan akan dilaksanakan di lapangan Walikota Palu, pada tanggal 18 Mei 2015 pukul 08.00. Tema besar PIONIR ketujuh tahun 2015 ini adalah sarana memperluas, memperkuat ukhuwah dan meningkatkan prestasi keilmuan, keolahragaan, seni dan riset mahasiwa Perguruan Tinggi Keagaamaan Islam (PTKI). Khusus untuk riset akan ditekankan pada riset yang lebih implementatif/ konkret.

Ada dua tema riset yang ditetapkan yakni, 1) membangun keragaman yang inklusif/ moderat dan mencari resolusi konflik, 2) agama dan kemaritiman, yakni bagaimana kaitan antara agama Islam dengan potensi ke-bahari-an Indonesia.

Penutupan akan dilaksanakan di kampus IAIN Palu, dengan tujuan juga mempromosikan kampus IAIN Palu kepada masyarakat Palu khususnya dan Indonesia pada umumnya. Informasi lebih lengkap tentang pelaksanaan PIONIR bisa dilihat melalui website DIKTIS dan IAIN Palu, pionir.iainpalu.ac.id. (sya/ra/ra).


Tags: