Haul Langitan ke -52, Kabid. PD. Pontren Jawa Timur dan 
Kakankemenag Tuban Hadir Ngalap Berkah

Haul Langitan ke -52, Kabid. PD. Pontren Jawa Timur dan Kakankemenag Tuban Hadir Ngalap Berkah

Kab.Tuban(Pendis)--Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Jatim dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, di dampingi Kasubag TU, beberapa Kasi dan Pranata Humas menghadiri Haul Langitan ke-52, di komplek Pondok Langitan Kecamatan Widang, Kamis (08/09/2022).

Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Jawa Timur, Mohammad As'adul Anam mengungkapkan dirinya ditugaskan Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram untuk silaturahmi dengan ikut menghadiri kegiatan ini. "Ini kali pertama bisa hadir langsung dalam acara Haul Langitan, sejak dilantik menjadi Kabid. PD. Pontren," ungkapnya.

Menurutnya giat haul ini merupakan wujud kecintaan dan hormat untuk menyampaikan doa-doa para Masyayikh. "Ini bentuk rasa cinta dan hormat kepada para Masayich,"  ujarnya.

Senada dengan apa yang disampaikan pria asal Jombang ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir menyampaikan dirinya sengaja mengajak Kasubag TU dan beberapa Kasi, Pranata Humas serta Kepala KUA  untuk ngalap berkah (mengharapkan berkah).

"Semoga kita mendapat keberkahan dan bisa mengambil hikmahnya," kata pria yang menikahkan putranya hari ini.

"Mulai jam 10 pagi kita sudah siap di lokasi, mengikuti Khatmil Qur’an bil Ghoib hingga sore ini mengikuti pengajian dan istighosah akbar," ucapnya.

Pria melek IT ini menuturkan turut memberikan sambutan dalam acara ini Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. "Bapak Muldoko memuji pendidikan karakter di Pondok Pesantren Langitan, Tuban,  yang memberikan doktrin kepada para santri bahwa modernisasi tidak boleh mengubah atau mereduksi orientasi dan idealisme pesantren.

Rangkaian acara Haul Masyayikh Langitan dimulai dari Rabu kemarin. Pembukaan Sema'an Al-Qur'an bil Gho'ib di Musala Agung Ponpes Langitan. Ziarah dan Khatmil Qur'an bin Nadhar di Maqbarah Masyayikh.

Dan pada hari ini mulai pagi tadi, ada kegiatan Khatmil Qur'an bil Ghoib di Musala Agung, ziarah alumni dan masyarakat umum ke Maqbarah Masyayikh Langitan. Malam ini ada pengajian umum di area Ponpes Langitan, yang dihadiri oleh Habib Muhammad Luthfi bin Yahya dan Habib Umar al-Muthohar Semarang.

Hadir dalam kegiatan ini beberapa tamu, tampak Bupati Bojonegoro, Wabup Lamongan, mantan Bupati Tuban H. Fathul Huda, Forkopimda kabupaten Tuban dan tamu penting lainnya.