Kakanwil Kemenag Sumsel Terima Penghargaan STEM Robotic Asia

Kakanwil Kemenag Sumsel Terima Penghargaan STEM Robotic Asia

Jakarta (Pendis)--Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan menerima penghargaan Science Technology Engineering Math (STEM) Leaders Awards 2022. Penghargaan tersebut diperoleh atas kontribusi Kanwil Provinsi Sumatera Selatan  dalam Pengembangan STEM Robotic di Entitas Kementrian Agama Prov. Sumatra Selatan yang secara konsisten mendukung kegiatan STEM Robotic. 

Stem (Science-Technology-Engineering-Math) merupakan model pembelajaran terkini yang dikembangkan di negara-negara maju karena melihat kemerosotan pelajaran di bidang seperti matematika dan sains terus terjadi dan Penghargaan ini diberikan kepada orang yang dinilai berkontribusi dan konsisten dalam mengembangkan stem robotik di dunia pendidikan.

“Alhamdulillah sejak beberapa waktu lalu, Kemenag Provinsi Sumatera Selatan berkomitmen  dalam hal pengembangan robotic terutama di Madrasah,” ucap Syafitri  yang menjadi salah satu yang  menerima penghargaan di Jakarta Convention Centre Senayan, Jum’at (16/09/2022). 

Menurut Syafitri, Ia sangat bersyukur dengan penghargaan yang diberikan oleh Lembaga Indonesia Youth Robot Assosiation (IYRA), hal ini berkat kerjasama semua pihak, sehingga Kemenag Sumsel  berhasil meraih penghargaan tingkat Asia. Ini sesuatu yang sangat istimewa dan luar biasa,ujarnya. 

Kakanwil sangat mengapresiasi atas capaian  yang berhasil diraih ini, terkhusus kepada  madrasah seSumsel. Selain itu, dikataka Syafitri bahwa tidak sedikit madrasah di Sumsel  yang membanggakan prestasinya di bidang  akademik seperti sains robotic. Kakanwil berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan bahkan terus ditingkatkan kedepannya.

Lebih lanjut, Syafitri mengatakan “Kemajuan dunia teknologi terus berkembang, sehingga harus dipastikan untuk janan sampai tertinggal dalam hal teknologi, teruama untuk dunia pendidikan yaitu di Madrasah juga Pondok Pesantren. Apalagi salah satu program prioritas Kementerian Agama yaitu Tranformasi Digital dan Cyber Islamic University, ungkap Syafitri,

IYRA sendiri merupakan Lembaga yang bersinergi dengan semua stakeholder Pendidikan dalam mengembangan STEM Robotic di ASEAN. Melalui lembaga inilah digelar sebuah event yang diberi nama GESS ASIA EXPO 2022, Expo Pendidikan terbesar di ASEAN.