Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg resmi melaunching Madrasah Digital di Pidie. Launching ini berlangsung di ha

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg resmi melaunching Madrasah Digital di Pidie. Launching ini berlangsung di ha

Pidie (Pendis) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg resmi melaunching Madrasah Digital di Pidie. Launching ini berlangsung di halaman MAN 1 Pidie, Selasa , (18/10/2022).

Madrasah yang dilaunching di Kabupaten tersebut, yakni MAN 1, MTsN 5 dan MIN 17. Dengan lauching ini, Kemenag Aceh telah meulauching madrasah digital pada tahun 2022 sebanyak 4 kabupaten/kota, yaitu Aceh Barat, Aceh Tengah, Langsa dan Pidie.

Peresmian ditandai dengan penarikan tirai selubung MAN 1 Pidie, dan pelepasan balon warna-warni ke udara. Kegiatan ini dihadiri dan disaksikan, Kakankemenag Pidie Drs H Abdullah AR MAg, Kabid Penmad H Zulkifli SAg MPd, Kasubbag TU, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Pidie, Kacabdin Pendidikan Pidie dan Pidie Jaya, Pengurus K2M MA, MTs dan MI, Kepala Madrasah dan Komite serta wali siswa.

Kakanwil dalam sambutannya berharap dalam menjalankan kinerja dan berinovasi harus SeKomando dalam satu barisan.
“Apapun yang kita lakukan di lingkungan dan dibawah payung Kementerian Agama, kita harus satu Komando, tidak ada yang keluar barisan. Ini juga sebagai amanah dan pesan dari Menteri Agama,” kata Iqbal.

Artinya, kita se-ide dalam tindakan, bersama-sama berfikir dan berbuat untuk kemajuan dan mutu pendidikan madrasah, lanjutnya.
Ia mengapresiasi Kemenag Pidie, dan jajaran madrasah di Pidie yang berjalan cepat melakukan berbagai inovasi dan digitalisasi, khususnya di madrasah.

“Hari ini kita telah mendapatkan kepercayaan di tengah masyarakat, tentu kehadiran kita Kemenag telah dirasakan manfaatnya, karenanya penting untuk merawat dan menjaga kepercayaan tersebut,” ucapnya.
Ia menjelaskan, bukti kepercayaan tersebut adalah dimana orang tua atau wali siswa menitipkan dan melanjutkan pendidikan anaknya di madrasah.

Selain itu, ia berharap di semua elemen, sesuai dengan kebutuhan zaman dan ditengah arus globalisasi, Kemenag di tingkat Kabupaten/kota dapat mengembangkan dan menerapkan IT atau digitalisasi secara merata.

“Ini semua merupakan ikhtiar kita bersama mewujudkan madrasah digital di seluruh Aceh, guna mempersembahkan yang terbaik bagi generasi, anak-anak penerus bangsa yang punya kompetensi,” ungkapnya.

Sementara Kakankemenag Abdullah berterimakasih atas kepedulian dan perhatian dari Kanwil Kemenag Aceh dalam menjalankan berbagai perubahan dan mengimplementasikan program prioritas Kemenag di Aceh.
Abdullah juga mengapresiasi berbagai inovasi dan prestasi yang telah diraih Kanwil Kemenag Aceh, khususnya di Bidang madrasah, yang telah mampu mengharumkan nama Aceh ditingkat nasional dan Internasional.

“Alhamdulillah, bukti nyata bahwa begitu banyak prestasi anak-anak madrasah, mulai dari daerah, nasional dan internasional dibawah Komando Bapak Kakanwil, pak Dr Iqbal,” ucapnya.

Baru saja pada KSM Nasional, Aceh menduduki peringkat ke-4 Nasional di even 2022 tersebut yang digelar di Jakarta. Ini merupakan spirit dan semangat dari seluruh jajaran madrasah, dan kebanggaan karena unggul tertinggi setelah pulau Jawa, kata Abdullah.
Pada kesempatan itu, Kakanwil ikut meninjau dan melihat proses belajar mengajar di Lab Kelas Digital MAN 1 Pidie.[]