Kamaruddin Amin : Mahasiswa UIN Harus Santun

Kamaruddin Amin : Mahasiswa UIN Harus Santun

Mataram (Pendis) Sejumlan mahasiswa baru (Maba) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram mengikuti pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2019. Pembukaan diselenggarakan Selasa (27/8) di Ballroom Islamic Center Nusa Tenggara Barat dengan menghadirkan Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin sebagai keynote speaker.

"Saat pertama kali memilih kampus dan menginjakan kaki ke kampus, kalian semua hendaknya sudah harus memiliki visi dan cita-cita akan menjadi apa nantinya beberapa tahun ke depan, karena masa yang dilalui selama menjadi mahasiswa akan sangat menentukan masa depan kalian sebagai mahasiswa, untuk itu sangat penting membangun diri dan meng upgrade diri dengan berbagai kemampuan yang mendukung meningkatkan kualitas personal,"ucap Kamaruddin memberikan motivasi kepada semua mahasiswa baru peserta PBAK.

Menurutnya, dalam upaya mempersiapkan menghadapi revolusi industi 4.0, semua mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) wajib memiliki beberapa karakter yang mulai saat ini sudah mesti dikembangkan, yakni kemampuan berbahasa asing. Kemampuan ini penting dikuasai agar dapat berkomunikasi pada tingkat global.

Selain itu, mahasiswa UIN harus mampu berpikir kritis yang dapat ditingkatkan melalui kebiasaan membaca dan berdiskusi secara intensif. Juga mesti mempunyai curiosity atau rasa ingin tahu yang tinggi terhadap suatu hal baru.

Lebih lanjut dikatakan Kamaruddin, hendaknya memiliki rasa kreativitas berupa kemampuan untuk menemukan sesuatu yang unik dan out of the box serta menciptakan berbagai inovasi baru atau mengembangkan yang sudah ada.

Mahasiswa harus berlatih kemampuan People management yaitu kemampuan leadership atau memimpin yang dapat dikembangkan saat mengikuti organisasi ataupun ekstrakurikuler, ujarnya.

"Mahasiswa UIN harus selalu menjaga sikap santun, karena karakter yang terpenting dimiliki seorang mahasiswa UIN adalah kesantunan.Jangan pernah kalian bersikap sombong terhadap siapapun,"pesan Kamaruddin.

Rektor UIN Mataram, Mutawali disela-sela kegiatan PBAK, mengatakan , kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya wawasan dan memperkenalkan kepada mahasiswa baru tentang tata aturan kehidupan kampus serta norma-norma akademik yang berlaku, tuturnya. (Hikmah Romalina)


Tags: