Kakankemenag Tuban sedang memberikan penguatan

Kakankemenag Tuban sedang memberikan penguatan

Kab.Tuban (Pendis)--Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) 1 Tuban yang digawangi oleh MIN 1 Tuban mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Satuan Pendidikan Ramah Anak RA dan MI kecamatan Tuban di Gedung Pusat Belajar Guru (PBG) Kingking Tuban, Kamis (15/09/2022). 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Tuban, Ahmad Munir, dalam pesannya kepada seluruh perwakilan lembaga MI dan RA, Guru adalah pemegang kunci utama pelaksanaan satuan pendidikan ramah anak, "Jadilah guru yang disukai dan dirindukan muridnya," ujar Munir

Yang terpenting lanjut Munir, bahwa guru harus faham tugas dan tanggung jawabnya terhadap siswa. "Harus memahami konsep guru profesional, kalau semua peran guru diterapkan dengan baik otomatis madrasah ramah anak akan terwujud dengan sendirinya," imbuhnya.

Ia berpesan madrasah harus bisa menciptakan suasana nyaman bagi anak didik, "Lembaga dibawah naungan Kemenag Tuban harus memberikan layanan terbaik kepada anak didik, sehingga anak semaksimal mungkin merasa aman dan nyaman ketika berada di madrasah, baik MI maupun RA," ujarnya.

Masih menurut Munir, program ini bisa berhasil kalau didukung oleh semua stakeholder, harus didukung semua pihak, guru terpanggil menyayangi siswa seperti anak sendiri, terpanggil buka sekedar melaksanakan tugas tapi terpanggil memperlakukan anak seperti anak sendiri," paparnya. 

Turut hadir dalam kesempatan ini, Kasi Pendidikan Madrasah, Umi Kulsum, Pengawas MI dan RA kecamatan Tuban dan Ketua KKMI Tuban.

Pengawas MI dan RA kecamatan Tuban, Samsul Huda, dalam kesempatan ini menyampaikan harapan, setelah mengikuti bimtek ini seluruh lembaga baik MI maupun RA bisa mengaplikasikan di lembaga masing-masing.

"Hasil yang diharapkan terwujudnya lingkungan madrasah yang aman dan menyenangkan antar peserta didik maupun antar peserta didik dengan pendidik dari kekerasan yang berbentuk apapun.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Ketua KKMI 1 Tuban, Afiyah menerangkan giat ini diikuti oleh 46 peserta utusan dari 8 Lembaga MI dan 11 Lembaga RA. Giat ini diberikan materi dari  Kasi Penma Kemenag Tuban dan dari Fasilitator Daerah.