Kemenag Dorong Dosen PTKI Untuk Mengikuti Penulisan Publikasi Ilmiah Di Inggris

Kemenag Dorong Dosen PTKI Untuk Mengikuti Penulisan Publikasi Ilmiah Di Inggris

Jakarta (Pendis) - Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Ditjen Pendidikan Islam melalui surat bernomor B-1800.1/Dj.I/Dt.I.III/HM.1/06/2019 mendorong agar para dosen di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam untuk mengikuti kegiatan "Residensi Penulisan Publikasi Ilmiah (RPPI)" tahun 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, Inggris, ini diharapkan dapat mendongkrak jumlah publikasi dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) pada jurnal yang terindeks dan berskala internasional. Program RPPI ini akan berlangsung selama 2 minggu bertempat di London, Inggris. Melalui program ini, diharapkan artikel-artikel ilmiah yang telah mendapatkan umpan balik dari pengelola jurnal internasional dapat lebih cepat difinalisasi melalui diskusi yang dilakukan secara langsung (face to face) dengan mitra penulis/penelaah di Inggris.

Direktur PTKI, Arskal Salim, menyambut baik dan memberikan apresiasinya kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia di London, khususnya Atase Pendidikan dan Kebudayaan, yang menyelenggarakan kegiatan ini. "Diharapkan, kegiatan strategis semacam ini dapat dilakukan oleh KBRI lainnya sehingga dapat mempermudah sinergi dalam penyelenggaraan program oleh Kementerian yang terkait," ungkap Arskal.

Suwendi, Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat PTKI, menyatakan bahwa dirinya terus saling berkomunikasi, baik dengan pihak KBRI di London maupun pimpinan perguruan tinggi keagamaan Islam, agar program ini dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika PTKI secara maksimal.

Program ini akan menanggung semua pembiayaan, seperti tiket pp Jakarta-London, tempat tinggal selama di London, transportasi lokal, dan konsumsi sehari-hari selama program berlangsung. Adapun masa pendaftaran kini telah dibuka hingga tanggal 14 Agustus 2019. Direncanakan peserta yang terpilih akan mulai mengikuti program di London pada minggu kedua bulan Oktober 2019. Bagi dosen PTKI yang ingin mendapatkan keterangan lebih rinci terkait program ini, dapat membuka laman www.atdikbudlondon.com/general researchcoloboration.opportunities/rppi/. (S-1/dod)


Tags: