Kemenag Fasilitasi Pengembangan Menulis Dosen PAI pada PTU

Kemenag Fasilitasi Pengembangan Menulis Dosen PAI pada PTU

Bogor (Pendis) --- Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendididkan Agama Islam (PAI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Publikasi Hasil Penelitian Bagi Dosen Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum (PTU). 

Plt. Direktur PAI, Rohmat Mulyana Sapdi dalam arahannya menyampaikan kemampuan menulis adalah salah satu skill wajib bagi dosen. Karena itu, dosen PAI pada PTU harus memiliki kemampuan menulis khususnya tulisan ilmiah berbasis penelitian. 

“Menulis adalah harga diri dosen, apalagi kalau dapat diterbitkan oleh jurnal yang terakreditasi," kata Rohmat saat membuka Workshop di Bogor, Kamis (09/09/2021). 

Untuk mendorong keaktifan publikasi penulisan, Rohmat menegaskan komitmen Direktorat PAI untuk memfasilitasi pengembangan menulis dosen PAI pada PTU.

“Kita terus upayakan agar pelatihan seperti ini dapat terus ditingkatkan untuk pengembangan kapasitas dosen," ungkap Mantan Dosen UIN Bandung ini.

Rohmat berharap para dosen PAI pada PTU tidak hanya fokus pada kajian normatif akan tetapi dapat mengintegrasikan nilai-nilai normatif dan realitas empiris. 

Menurut Rohmat, tantangan saat ini adalah bagaimana mengimplementasikan pemikiran dalam proses pendidikan. "Karena itu, saya harap kajian tidak berhenti dalam ranah pemikiran akan tetapi berkolaborasi ke dalam metode atau rumusan baru yang dapat terimplementasikan," pungkas Rohmat.

Kasubdit PAI pada PTU, M. Munir meyampaikan Workshop Peningkatan Publikasi Hasil Penelitian Bagi Dosen Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum digelar secara daring dan luring diikuti 72 Dosen PAI pada perguran Tinggi Umum se-Indonesia. 

“Dengan format ini, harapannya peserta tidak hanya mendengarkan materi akan tetapi juga dapat praktik dan sharing penulisan artikel yang berkualitas secara langsung," jelas Munir.  

Pejabat Pengembang PAI pada PTU, Anis Masykhur menambahkan untuk mendukung pengembangan penelitian, Subdit PAI pada PTU tengah membuka kesempatan bagi dosen PAI pada PTU untuk mengajukan proposal penelitian dengan tema moderasi beragama.

“Pendaftaran kita buka sampai dengan tanggal 20 Semptember 2021, silakan submit proposal penelitian melalui lintasdai (https://lintasdai.siagapendis.com/)," terangnya.

Kegiatan kegiatan Workshop Peningkatan Publikasi Hasil Penelitian Bagi Dosen Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum berlangsung dari tanggal 9 s/d 11 September 2021. Sebelum mengikuti kegiatan, peserta terlebih dahulu mengirimkan artikel sebagai bahan diskusi selama kegiatan. Hadir sebagai narasumber dan fasilitator Guru Besar Universitas Negeri Malang, Yusuf Hanafi dan Guru Besar UIN Bandung, Anton Athoillah. (Nasukha/Yuyun)


Tags: