Kemenag Finalisasi Naskah Soal Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional

Kemenag Finalisasi Naskah Soal Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional

Ciputat (Pendis) - Kementerian Agama memastikan naskah soal Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional (UNPDFBN) Tahuan Ajaran 1440 H kelar disiapkan. Finalisasi ini dilakukan di Ciputat, Kota Tangerang Selatan, pada hari Rabu (27/02).

Hadir dalam proses finalisasi naskah soal ini, Ainurrafiq Dawam, selaku Kasubdit PDMA sekaligus penanggungjawab tersebut. Dalam himbauannya, Ainurrafiq menegaskan bahwa naskah soal harus rampung di penghujung bulan Februari dan bisa naik cetak pada minggu pertama di bulan Maret besok. "Kita memiliki timeline yang sangat mendesak mengingat waktu ujian sudah tinggal menghitung hari. Jadi kita pastikan minggu pertama di bulan Maret, master naskah soal sudah siap didistribusikan ke Kantor Wilayah Kementerian Agama penyelenggara Ujian Akhir ini," tegasnya.

Lebih lanjut Ainurrafiq meminta agar proses finalisasi ini memperhatikan kaidah penulisan soal dan redaksi bahasanya. "Berhubungan soal ujiannya berbahasa Arab, maka redaksi bahasa tetap harus menjadi perhatian dalam penulisan soal ini," imbuhnya.

Hal senada juga ditegaskan oleh H.D. Hidayat, Guru Besar Pendidikan Bahasa Arab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang turut hadir dalam finalisasi naskah soal. "Penyusunan naskah soal ini penuh dengan tantangan. Kendati sudah melalui berbagai tahapan dan review tim akademik, ternyata masih terdapat problem kebahasaan. Bahkan pemborosan kata dan kalimat sering kita temukan juga. Kendati demikian, naskah soal ini masih memungkinkan untuk diteruskan setelah dilakukan koreksi dan revisi redaksinya," tegasnya.

Berdasarkan data pada Subdit Pendidikan Diniyah dan Ma`had Aly, Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional (UNPDFBN) yang menggunakan Bahasa Arab ini adalah tahun kedua untuk tingkat Ulya. Sedangkan untuk tingkat Wustha baru pertama di tahun ini. Rencananya, pada tahun ajaran 1440 H ini, terdapat 1.149 peserta didik yang akan mengikuti UNPDFBN Tingkat Ulya setara MA/SLTA, dan sebanyak 983 peserta didik yang akan mengikuti UNPDFBN Tingkat Wustha atau setara MTs/SLTP.

Para siswa ini akan mengikuti UNPDFBN ini dalam bahasa Arab dengan 5 (lima) mata pelajaran di masing-masing tingkatan. Untuk Tingkat Ulya, mereka akan mengikuti ujian mata pelajaran: Tafsir-Ilmu Tafsir, Hadits-Ilmu Hadits, Fiqh-Ushul Fiqh, Nahwu Sharf, dan Bahasa Arab. Sedangkan untuk tingkat wustha, mereka akan mengikuti ujian mata pelajaran: Tafsir, Hadits, Fiqh, Nahwu Sharf, dan Bahasa Arab.

Hadir pula dalam kegiatan finalisasi ini, Muhson Nawawi selaku Koordinator Tim Akademik Naskah Soal UNPDFBN 1440 H, pejabat di lingkungan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, serta Tim Teknis Penyusunan Naskah Soal UNPDFBN 1440 H. (rfq/dod)


Tags: