Kemenag Gelar Robotik Madrasah 2019

Kemenag Gelar Robotik Madrasah 2019

Surabaya (Pendis)-Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam kembali menggelar Kompetisi Robotik Madrasah yang diikuti 150 tim, terdiri atas Kategori Rancang Bangun tingkat MI (30 tim), MTs (30 tim), dan MA (30tim). Ada juga Kategori Robot Pemilah Sampah untuk tingkat MTs (30 tim), dan Kategori Mobil Robot IoT tingkat MA (30 tim).

"Sajak pertama kali diselenggarakan, tahun 2015 kegiatan Robotik madrasah ini banyak mengundang animo dari madrasah se Indonesia untuk mengikutinya, dan merupakan upaya simultan yang mana madrasah dapat memperluas kompetensinya menjadi sekolah agama yang melek teknologi. Untuk hal-hal seperti ini jangan ada masalah biaya. Kalau kurang anggaran lapor ke saya," ucap Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Nur Kholis Setiawan saat membuka kegiatan Komperisi Robotik Madrasah tahun 2019 di Grand City Mall Surabaya, Sabtu (16/11/2019).

Menurutnya, Kompetisi Robotik Madrasah ke-5 tahun 2019 ini mengusung tema "Robots Save The Earth :Green Energy and Environmental Issues atau Robot Penyelamat Lingkungan. Tema ini bertujuan mengajak siswa-siswi madrasah agar sadar tentang keselamatan bumi dan lingkungan,disamping mendorong siswa madrasah untuk berkreasi menciptakan robot yang bermanfaat bagi lingkungan.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, A. Umar dalam siaran persnya mengungkapkan, event di Surabaya ini merupakan gelaran yang kelima sejak tahun 2015. Kompetisi Robotik diharapkan memberikan rangsangan bagi siswa madrasah untuk mempersiapkan diri menghadapi era industry 4.0 dengan lebih bersemangat belajar, khususnya di bidang teknoligi, robotika dan otomasi. "Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kompetisi Robotik Madrasah dilaksanakan di mal-mal dan pusat keramaian,untuk memperkenalkan madrasah melek teknologi dan tidak ketinggalan zaman," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Kompetisi robotic madrasah yang diikuti siswa-siswi madrasah, mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA) ini terbagi dalam beberapa kategori, yaitu kategori rancang bangun mesin otomatis untuk Semua jenjang, kategori robot pemilih sampah untuk jenjang MTs dan kategori robot pendeteksi lingkungan dengan IoT untuk jenjang MA, pungkasnya, (Hikmah)


Tags: