Kemenag Kenalkan Manasik Haji Kepada Pengurus ROHIS SMA/SMK

Kemenag Kenalkan Manasik Haji Kepada Pengurus ROHIS SMA/SMK

Belitung (Pendis) - Sekitar 988 orang peserta Perkemahan Rohani Islam (ROHIS) Siswa SMA/SMK Tingkat Nasional III Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, pagi hingga siang hari ini mengikuti rangkaian manasik haji sebagai sarana pengenalan terhadap praktek pelaksanaan ibadah rukun Islam yang kelima.

Penanggung jawab acara, Tahjudin mengatakan bahwa sesi materi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada peserta terkait pelaksanaan manasik haji sesuai tuntunan Rasulullah Saw. Materi ibadah haji itu sendiri masuk dalam konten kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Harapannya setelah kegiatan ini, para aktivis ROHIS yang telah kita bina mampu mentransfer pengetahuan dan pengalamannya terkait manasik haji kepada teman-temannya di wilayah mereka masing-masing," ujar Tahjudin.

"Upaya ini tiada lain demi penguatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang menjadi inti penyelenggaraan Perkemahan ROHIS," pungkasnya.

Perkemahan ROHIS Siswa SMA/SMK Tingkat Nasional III Tahun 2018 diikuti oleh pengurus dan/ atau anggota ROHIS SMA/SMK perwakilan dari 34 provinsi se-Indonesia. Kegiatan ini berlangsung selama 6 hari, 5 s/d 10 November 2018 di Bumi Perkemahan Juru Seberang Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. (apri/dod)


Tags: