Kemenag Perkuat Kompetensi Guru MTs

Kemenag Perkuat Kompetensi Guru MTs

Malang (Pendis) - Kementerian Agama terus memperkuat Kompetensi Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs). Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Tsanawiyah yang diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah di Malang, Senin (02/04).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Malang Mohammad Zaini mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur menyambut baik dan merasa bangga, Kota Malang menjadi tuan rumah kegiatan workshop yang dilaksanakan Direktorat GTK Madrasah.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kompetensi keprofesian bagi guru sehingga dapat mewujudkan Guru madrasah yang berprestasi, hebat dan bermartabat," tutur Mohammad Zaini saat menyampaikan sambutan ucapan selamat datang kepada peserta workshop.

Kasubdit Bina GTK MI/MTs Kidup Supriyadi menambahkan bahwa untuk mewujudkan harapan tersebut, perlu ditekankan tentang adanya tugas guru sebagai pendidik. Menurutnya tugas guru itu ada tiga yaitu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi.

"Seorang guru perlu membuat rencana pembelajaran agar bisa terukur maka bisa dimulai dari mebuat kalender madrasah, kalender mengajar, program tahunan, dilanjutkan program semester terakhir dengan membuat silabus," jelas Kidup.

Kedua, melaksanakan. Kidup menjelaskan, sebagaimana pepatah mengatakan, "laksanakan apa yang ditulis, tulislah apa yang sudah dilaksanakan".

Selanjutnya yang ketiga adalah mengevaluasi. Menurut Kidup, seorang guru setelah berjalan proses belajar mengajar wajib melakukan evaluasi sehingga dapat diketahui kendala-kendala yang perlu diperbaiki apalagi berkaitan kepada perkembangan hal-hal yang baru dalam dunia pendidikan. "Setiap guru selalu mengupdate pengetahuannya," tegas Kidup.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan pejabat Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Kakankemenag Kota Malang, Guru MTs dari 28 Provinsi di Indonesia, pejabat pada Subdit Bina GTK MI/MTs , serta para staf di lingkungan Direktorat GTK Madrasah. (Maryani/Raji/dod)


Tags: