Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani

Jakarta (Pendis) --- Hari Guru Nasioal yang jatuh setiap tanggal 25 November mempunyai makna pengakuan negara terhadap peran dan kiprah guru mencerdaskan generasi bangsa dalam mengisi kemerdekaan. Lebih lanjut, peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 mengusung tema ”GURU PEDULI CERDASKAN ANAK NEGERI”.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa Kementerian Agama memiliki perhatian khusus terhadap peningkatan kompetensi dan kesejahteraan guru. Hari Guru Nasional ini adalah momentum kita dalam menyapa dan memuliakan martabat guru, tegasnya, Rabu (24/11/2021).

Dalam beberapa kesempatan beliau berpesan bahwa program-program strategis nasional hendaknya berdampak dan dirasakan langsung oleh guru dan tenaga kependidikan madrasah, seperti Bantuan Insentif Guru, Tunjangan Profesi Guru (TPG), dan Selisih Tukin Terhutang agar segera dicairkan. Sebab, program-program tersebut menyangkut hajat dan maslahat orang banyak. Dan pastikan program seperti ini dikawal secara bersama-sama dan tidak terjadi kebocoran, pungkas Yaqut.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan tema Hari Guru Nasional Tahun 2021 ”Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri” sengaja dipilih, agar pada proses pemulihan pembelajaran dibutuhkan guru yang profesional sekaligus peduli.

Guru peduli adalah guru yang memiliki welas asih, yang memiliki compassionate dan mengajar dengan hati. Guru peduli memiliki empati dan simpati kepada siswanya, karena tugas guru adalah mentransformasikan ilmu pengetahuan dan sekaligus membentuk karakter baik siswanya, ujar Ali Ramdhani.

Pada saat yang sama peserta didik juga harus memiliki kesadaran untuk terus meningkatkan rasa ingin tahu (curiosity), imbuhnya.

Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 juga disemarakkan dengan Madrasah Expo, dengan melibatkan madrasah vokasi dan guru-guru vokasi, tutupnya.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain menyampaikan bahwa untuk menyemarakkan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021 Direktorat GTK Madrasah juga menggelar serangkaian kegiatan pendukung peringatan HGN Tahun 2021 sebagai berikut :

1. Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi, 5 Oktober - 21 November 2021

2. Lomba Video Moderasi Beragama, 11 Oktober - 22 November 2021

3. Anugerah Konstitusi, 14 Oktober - 25 November 2021

4. International Symposium On Education (ISOE), 23 - 26 November 2021

5. Upacara Bendera Hari Guru Nasional, 25 November 2021

6. GTK Madrasah Expo, 30 November - 1 Desember 2021

7. Talkshow bersama Ketua Darma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI, 30 November 2021

8. Malam Puncak Peringatan HGN 2021, 30 November 2021

Berdasarkan arahan Direktur Jenderal Pendidikan Islam pada acara puncak penganugerahan guru berprestasi juga akan melibatkan direktorat PAI dalam kegiatan tersebut, tutup Zain.

Pada kesempatan yang sama PIC Hari Guru Nasional 2021 Papay Supriatna juga mengatakan bahwa peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 merupakan bentuk perhatian Kementerian Agama RI dalam meneguhkan komitmen guru dalam mencetak generasi penerus bangsa dan merawat keberagaman dalam bingkai NKRI, ujarnya, Rabu (24/11/2021).

Dalam puncak peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 direncanakan akan digelar secara hybrid (luring maupun daring) dilanjutkan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba yang digelar oleh Direktorat GTK Madrasah pada tanggal 28 November - 1 Desember 2021 di Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta, tegas Papay.