Kemah Bhakti Harmoni se-Jawa Barat Tahun 2023

Kemah Bhakti Harmoni se-Jawa Barat Tahun 2023

Purwakarta (Pendis) -  Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta mmelepas peserta kemah bakti harmoni beragama ke-2 tahun 2023. pelepasan peserta kemah ini diselenggarakan di Bale Mayadatar Pemda Kabupaten Purwakarta pada Kamis (21/12/2023).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta, H. Hanif Hanafi yang hadir dalam pelepasan kemah bakti harmoni beragama tahun 2023 ini menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan watak, meningkatkan sikap moderasi beragama, kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penegak Siswa/Santri Madrasah Aliyah dan Pesantren se Jawa Barat.

"Giat ini merupakan kegiatan satuan karya pramuka Amal Bhakti kanwil kemenag jabar," jelas Hanif.   

”Kemah Bhakti Harmoni ini menjadi proses memahami agama sekaligus mengimplementasikan ajaran agama secara seimbang dan adil (Moderat) agar terhindar dari perilaku yang terlalu berlebih-lebihan (ekstrim),” tambahnya.

Hanif juga melaporkan jumlah peserta kegiatan ada 219 diantaranya pimpinan saka 1 orang, official  20 orang, pendamping 22 orang, 12 sangga putra 96 orang dan 10 sangga putri 80 orang. Kegiatan kemah ini bertempat di bumi perkemahan Letjen (Purn) Mashudi, Kiarapayung, Jatinangor dari 21-24 Desember 2023.  

Dalam kegiatan ini juga turut hadir Staff Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan, Dicky Darmawan mewakili PJ Bupati Purwakarta yang menyampaikan harapannya tentang Kemah Bhakti Harmoni ini.
 
“Kemah Bhakti Harmoni ini diharapkan bisa diterapkanlah karakter-karakter yang peduli sesama dan juga saling menghormati dan saling menghargai keberagaman serta toleransi karena Indonesia adalah negara yang beragam,” ungkap H. Dicky dalam sambutannya.

Karakter toleransi juga harus dimiliki karena generasi muda untuk disiapkan dalam menyongsong Indonesia emas kemudian juga untuk menyongsong era 4.0.

Dicky Darmawan juga sangat mengapresiasi kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi dalam kegiatan kemah bakti harmoni ini.